Update Corona Jepara, Pecah Rekor, 55 Kasus Positif Baru Hari Ini

0

Jepara, 5NEWS.CO.ID,- Lonjakan penyebaran virus corona di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, cukup mengejutkan. Pada hari ini, dilaporkan 55 kasus baru pasien positif COVID-19 terdeteksi hingga menambah total kasus di kota ukir itu menjadi 155 orang.

Sekitar satu bulan lalu, Kabupaten Jepara masih mencatat kasus COVID-19 di bawah angka 10. Sebelum lebaran, data menunjukkan total 5 kasus saja. Selang beberapa waktu, perkembangan tak terduga terjadi dengan ledakan kasus setelah 83 orang teridentifikasi positif virus corona.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jepara dr. M. Fakhrudin mengungkapkan, meluasnya penyebaran COVID-19 di wilayahnya banyak dipengaruhi oleh pelaku perjalanan, para pedagang lintas kota dan penyebaran dari klaster kasus positif.

Menurut dia, ledakan kasus virus corona hari ini merupakan hasil tindak lanjut tracing yang dilakukan jajarannya. Ia menyebut, petugasnya segera mencari sumber penularan dan melakukan tracing (pelacakan) orang yang pernah kontak erat dengan pasien positif COVID-19. Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan swab test terhadap orang-orang tersebut.

“Semua langsung di RDT atau di swab,” kata Fakhrudin kepada wartawan, Sabtu (20/6/2020) malam.

Ia menilai ledakan angka kasus di Jepara hari ini sebagai hal yang wajar. Pasalnya, hal itu berkaitan dengan masifnya swab test yang dilakukan oleh petugas.

“Jadi wajar jika ketemu banyak. Terus dikelola sehingga bisa memutus mata rantai penularan,” ungkapnya.

Hingga hari ini, Kabupaten Jepara mengalami peningkatan kasus COVID-19 cukup tajam. Menurut data situs Jepara Tanggap COVID-19, per hari ini tercatat 144 ODP, 53 PDP, 155 pasien positif dengan tingkat kematian sebanyak 31 jiwa.(hsn)

Komentar