Normal Baru di Pati, Guru Mulai Masuk Tanggal 5 Juni, Muridnya?

2
Normal-Baru-di-Pati-Guru-Mulai-Masuk-5-Juni-Muridnya

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Penerapan tatanan normal baru atau New Normal mulai diberlakukan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Di dunia pendidikan, ASN dan guru kembali beraktifitas pada tanggal 5 Juni 2020 dengan mematuhi protokol kesehatan. Hingga kini, belum ada kejelasan tentang dimulainya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bagi siswa.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wil.lll Prov. Jateng Drs. H. Sunoto MM. mengungkapkan seluruh guru dan ASN SMA/SMK/SLB sederajat di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengan akan kembali beraktifitas di tempat kerja masing-masing. Adapun prakteknya dapat dilakukan melalui sistem Work From Office (WFO) dan Work From Home (WFH).

“Mulai tanggal 5 Juni besok, ASN dapat kembali bekerja di kantor. WFH masih bisa dilakukan dengan syarat-syarat tertentu,” kata Sunoto kepada 5NEWS.CO.ID, Kamis (4/6/2020) di Pati.

Ia menjelaskan, bekerja dari rumah (WFH) diizinkan bagi ASN yang memiliki penyakit tertentu, sedang hamil atau hal-hal lain yang diatur dalam surat keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah No. 443.76/06433.

“Untuk pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) guru dan siswa, kita masih menunggu instruksi lebih lanjut dari provinsi,” ungkapnya.

Menurut Sunoto, wabah COVID-19 justru mengasah kemampuan guru dan siswa melalui kegiatan KBM online. Ia menilai, proses itu telah menjadikan guru dan murid semakin matang dalam menggunakan teknologi sepanjang kondisi darurat wabah berlangsung.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati Saryono menegaskan tidak ada perubahan kalender pendidikan tahun 2020/2021. Sesuai dengan keputusan Kemendikbud, tahun ajaran baru sekolah akan dimulai pada tanggal 13 Juli 2020.

“Tahun Ajaran Baru tetap tanggal 13 Juli,” tegasnya.

Sedangkan pelaksanaannya, kata dia, bisa diterapkan dalam bentuk luring (offline) atau daring (online).  Tergantung pada penilaian Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 untuk masing-masing daerah.

“ Bisa berbeda tiap daerah. Untuk Kabupaten Pati kita masih menunggu keputusan pemerintah,” ujar dia.

Sebelumnya, Kemendikbud RI telah memastikan tanggal 13 Juli 2020 dimulainya Tahun Ajaran Baru, sesuai dengan kalender pendidikan dimana Tahun Ajaran Baru dimulai pada minggu ketiga bulan Juli dan berakhir pada akhir bulan Juni pada setiap tahunnya.(hsn)

2 KOMENTAR

  1. SMP dan SMA bisa jalan dengan online. Terus yang PAUD dan SD di daerah bagaimana?

  2. Menurut keputusan Mendikbud, bagi yang tidak bisa menghindari tatap muka bisa menyelenggarakan KBM luring dengan memperhatikan protokol kesehatan, dikoordinasikan aja dengan dinas setempat Kak…

Komentar