Tagar #MendikbudDicariMahasiswa Tuntut Penurunan Uang Kuliah

0

Jakarta, 5NEWS.CO.ID, – Munculnya tagar #MendikbudDicariMahasiswa yang trending di Twitter, membuat Komisi X DPR R ikut mengomentarinya. Bahkan Komisi X siap memfasilitasi pertemuan antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan mahasiswa.

Para mahasiswa ini menuntut soal pembayaran uang kuliah (UKT) saat pandemi virus corona.

Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda menilai ramainya tagar #MendikbudDicariMahasiswa merupakan bentuk kebuntuan komunikasi antara para mahasiswa dengan jajaran Kemendikbud.

Menurutnya tagar tersebut muncul karena pertemuan antara Kemendikbud dan mahasiswa tidak kunjung terealisasi. Padahal perwakilan mahasiswa sudah melayangkan surat pertemuan dengan Kemendikbud sejak tanggal 29 April 2020 lalu.

Ia mengatakan  pembayaran uang kuliah (UKT) yang berdasarkan penghasilan orang tua itu merupakan salah satu pilihan untuk memberikan keringanan kepada mahasiswa.

“UKT merupakan model pembayaran kuliah yang berbasis penghasilan orang tua. Jika banyak orang tua yang mengalami penurunan pendapatan selama wabah COVID-19, maka sudah sewajarnya ada kebijaksanaan relaksasi besaran UKT yang harus dibayarkan oleh mahasiswa,” ujar Huda, Rabu (3/6/2020).

Ia berharap pada Kemendikbud untuk menyiapkan waktu guna melakukan komunikasi dengan mahasiswa. Sekali lagi ia menegaskan Komisi X siap memfasilitasi pertemuan tersebut. (dbs/sari)

Tinggalkan Balasan