Sepasang Suami Istri Tekuni Usaha “Biting” Guna Bertahan Hidup Ditengah Pandemi Corona

0
Biting bambu

Pati, 5NEWS.CO.ID, – Ditengah merebaknya pandemi virus corona atau COVID-19, pasangan suami istri asal Desa Sokopuluhan, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati, Jawa Tengah ini membuat usaha sampingan berupa pembuatan “biting“ yang berasal dari bambu.

Biting adalah potongan bambu yang terpotong rapi dan sesuai dengan ukurannya.

Menurut Sukandar (56) usaha tersebut mereka tekuni sejak pemerintah menganjurkan untuk tetap dirumah saja. Bersama sang istri, ia memanfaatkan kondisi ini demi bertahan hidup. Dan ternyata hasil jerih payah mereka bisa untuk menopang ekonomi rumah tangga.

Sepintas pembuatan biting bambu ini tidaklah sulit, namun perlu ketelatenan dari segi ukurannya.

“Pembuatan biting bermula dari bambu yang dipotong, kemudian dibilah menjadi beberapa bagian dan ada patokan ukurannya, yaitu 32 cm dan 38 cm,” jelas Sukandar, Minggu (31/5/2020) kemarin.

Potongan bambu yang sudah menjadi biting tadi mereka ikat dan disetorkan pada pengepul bambu yang ada di Malangan, Pucakwangi untuk penusukan ikan bagi perusaahaan yang berada disana. Harga potongan biting bambu per ikat adalah Rp 1.200.

“Kalau menghasilkan banyak ikat maka itu hasilnya yang saya dapat, ya itulah cukup untuk kebutuhan hidup sehari-hari,” ujarnya.

Tidak hanya Sukandar dan istrinya saja yang menekuni kerajinan ini, namun hampir disetiap rumah di desa ini warganya memanfaatkan waktu untuk membuat biting. (sari)

Tinggalkan Balasan