Pemdes Winong Pati Salurkan BLT COVID-19 Langsung ke Warga

0
Pemdes Winong Pati Salurkan BLT COVID-19 Langsung ke Warga

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Pemerintah Desa Winong, Kecamatan Pati, Jawa Tengah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga terdampak COVID-19 . BLT tersebut sebagai tindak lanjut dari Peraturan Menteri Desa No. 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Permendesa PDTT No. 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020.

Kepala Desa Winong Wicaksono Bowo Leksono mengungkapkan pada tahap pertama, BLT sebesar Rp. 600. 000, dibagikan kepada 121 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dialokasikan dari Dana Desa (DD).

“Hari ini tahap pertama BLT yang bersumber dari Dana Desa kita salurkan. Sebelumnya BLT dari sumber lain disalurkan langsung ke warga melalui transfer rekening atau melalui kantor pos,” kata Wicaksono saat ditemui di Balai Desa Winong Pati, Sabtu (30/5/2020) pagi.

Sebelumnya, menurut Kades, bantuan tunai yang bersumber dari dana pemerintah pusat atau provinsi sudah disalurkan meski belum menjangkau seluruh warga. Oleh sebab itu, BLT yang diambilkan dari DD adalah upaya pemerataan bantuan pemerintah kepada warga terdampak COVID-19.

“Supaya warga yang belum menerima BLT bisa ‘dicover’ dengan dana yang diambilkan DD,” ucapnya.

Sumisih (65) warga Rt 17 Rw 01 Desa Winong, Pati, menyatakan rasa terima kasih kepada pihak desa yang telah mengupayakan bantuan padanya. Ia menganggap BLT ini merupakan sebentuk perhatian pemdes pada warga kurang mampu.

“Terima kasih kepada pemerintah Desa Winong sudah memperhatikan kami,” ungkap Sumisih dalam logat jawa.

Senada, Kartini (40) warga Rt 12 Rw 03 juga mengatakan hal yang sama. Ia menilai BLT dan bantuan-bantuan lain memang sangat dibutuhkan, terutama oleh warga kurang mampu, di tengah pandemi virus corona.(hsn)

Komentar