Bupati Haryanto Sebut Petunjuk New Normal di Pati Belum Jelas

0
Bupati Haryanto bersama jajarannya saat mengunjungi Pasar Puri beberapa watu yang lalu. (Foto:HUMAS PEMKAB PATI)

Pati, 5NEWS.CO.ID, – Pemerintah pusat sudah mewacanakan new normal atau gaya hidup baru di tengah pandemi Covid-19 mulai bulan depan. Sejumlah skema sudah disiapkan. Namun, di tingkat daerah masih belum jelas bagaimana penerapan kebijakan tersebut.

Tidak terkecuali di wilayah Pati, Jawa Tengah, Bupati Pati mengaku belum mendapatkan petunjuk yang jelas mengenai penerapan kebijakan new normal.

”Soal kebijakan itu (new normal), kami belum mendapat petunjuk,” terang Bupati Haryanto yang juga ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati, Jumat (29/05/20).

Namun, pihaknya mengaku akan semakin mengetatkan protokol-protokol kesehatan, terutama di fasilitas publik, seperti pasar dan pusat-pusat keramaian masyarakat lain.

”Kami juga berencana akan melakukan rapid test acak di beberapa pasar tradisional,” jelasnya.

Di lain pihak, Dinas Kesehatan Kabupaten Pati mengajak masyarakat terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Hal tersebut menyusul kebijakan Pemerintah Pusat yang akan menerapkan new normal untuk membuka kembali aktifitas masyarakat dan menggerakkan roda ekonomi di tengah pandemi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dr. Edy Siswanto, mengatakan, virus corona dapat dihadapi dengan adanya kemandirian masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat.

“New normal ini kan suatu pola perilaku. Mau tidak mau masyarakat harus melaksanakan gerakan. Covid ini tidak bisa hilang selamanya, maka seperti perkataan bapak Presiden, kita harus berdamai dengan covid-19,” jelasnya. (mra)

Komentar