Update Virus Corona Pati, Zona Merah Muncul Lagi, 1 Pasien Positif COVID-19

0

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Zona merah kembali muncul di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, pasalnya 1 pasien diketahui positif terinfeksi virus corona. Setelah beberapa hari menghilang, zona merah kembali mewarnai situs Pati Tanggap COVID-19 pada hari ini, Jumat  22 Mei 2020.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati, Suharyono membenarkan informasi tersebut. Ia mengatakan, pasien asal Desa Winong, Pati itu kini diisolasi untuk menjalani penanganan medis di RS Bhayangkara Semarang.

“Pasien saat ini dirawat di RS Bhayangkara,” kata Suharyono kepada 5NEWS.CO.ID melalui pesan singkat, Jumat (22/5/2020) malam.

Per hari ini, situs Pati Tanggap COVID-19 mencatat sebanyak 21.373 pemudik dengan 55 orang berstatus ODP. Selain itu, 7 orang juga tercatat sebagai PDP dan 1 orang positif COVID-19. Situs itu juga melaporkan 1 pasien berstatus positif corona dan 12 PDP meninggal dunia.

Untuk pertama kalinya, situs yang dikelola Dinas Kesehatan Kabupaten Pati ini menampilkan data yang persis sama dengan situs Jateng Tanggap COVID-19 yang dikelola Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Terkait pasien Puskesmas Margorejo yang diketahui reaktif rapid test, Suharyono mengatakan belum ada hasil swab test dari rumah sakit. Meskipun demikian, sebuah sumber dari puskesmas setempat mengatakan bahwa baik pasien maupun petugas yang merawat kini menjalani karantina mandiri hingga hasil swab test keluar.

Ia juga mengimbau agar warga tidak lengah dan tetap mematuhi protokol kesehatan di manapun berada. Dengan demikian, menurut dia, angka penyebaran virus dapat ditekan.

“Jaga jarak, tetap memakai masker, diam di rumah dan selalu cuci tangan pakai sabun,” pesannya.(hsn)

Tinggalkan Balasan