Kemenag Imbau Warga Pati Patuhi Aturan Pemerintah Terkait Takbir Keliling dan Salat Idulfitri

0
Kemenag Imbau Warga Pati Patuhi Aturan Pemerintah Terkait Takbir Keliling dan Salat Idulfitri

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Kementerian Agama Kabupaten Pati merespon positif dan mengapresiasi Surat Edaran (SE) Bupati terkait pelaksanaan takbir keliling, salat Idulfitri dan silaturahmi lebaran 1441 H/ 2020 M. Dalam situasi pandemi COVID-19 ini, Kemenag Pati mengatakan masyarakat harus menyadari dan mengikuti imbauan pemerintah agar penyebaran virus tidak meluas.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pati Imron Rosyidi menyatakan telah menginstruksikan seluruh jajarannya turut mensosialisasikan SE Bupati tersebut. Jajaran Kemenag juga terus menerus berupaya mengedukasi masyarakat terkait pelaksanaan takbir keliling, salat Idulfitri dan silaturahmi lebaran sebagaimana diatur dalam SE Bupati tersebut.

“Kita sudah instruksikan seluruh jajaran di bawah Kemenag Pati agar terus menerus mengedukasi masyarakat termasuk mensosialisasikan surat edaran Pak Bupati. Itu penting agar penyebaran virus COVID-19 tidak semakin meluas di Kabupaten Pati,” kata Imron kepada 5NEWS.CO.ID melalui pesan WhatsApp, Rabu (20/5/2020) petang.

Imron juga menegaskan, SE Bupati Pati tersebut sangat relevan dengan SE Menteri Agama No. 6 tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Bulan Ramadhan, Salat Idulfitri dan Silaturahmi Lebaran. Untuk itu, selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, ia mengimbau beberapa hal sebagai berikut:

1. Ikuti imbauan dari pemerintah, tokoh agama baik itu pimpinan ormas atau pemuka agama dan tokoh masyarakat dalam melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

2. Tokoh agama dari pemeluk agama apapun agar bisa menjadi teladan dalam kehidupan sehari-hari dalam menyikapi situasi pandemic, wabah COVID-19 lekas sirna dari bumi Indonesia, khususnya Bumi Mina Tani Pati.

3.Jangan pernah abai terhadap protokol kesehatan dan anjuran pemerintah supaya tetap aman dari COVID-19, terutama saat mengakhiri ibadah puasa dan menyambut Hari Raya Idul Fitri.

4.Lakukan apa yang bisa dilakukan tanpa menunda-nunda untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lingkungan masing-masing.

5.Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama Kabupaten Pati agar selalu mengedukasi masyarakat terkait pencegahan COVID-19 sesuai dengan kompetensi dan kapasitas masing-masing, kapan dan di manapun.

Di penghujung pesannya, Kepala Kantor Kemenag Pati itu berharap masyarakat dapat mengakhiri ibadah puasa di bulan Ramadhan dan merayakan Idul Fitri dalam keadaan selamat dan terhindar dari wabah COVID-19.

“Semoga kita senantiasa diberikan kekuatan lahir batin untuk mengakhiri ibadah Ramadan dan merayakan Idul Fitri serta terhindar dari wabah COVID-19 dengan ridho Allah Swt,” pungka dia.(hsn)

Tinggalkan Balasan