Muhammadiyah: Surat Edaran Akan Dikeluarkan Terkait Himbauan Shalat Ied Dirumah

0

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,  – Dalam pelaksanaan shalat sunnah Idul Fitri di tengah pandemi virus corona, pengurus Muhammad akan mengeluarkan surat edaran terkait himbauan beribadah di rumah kepada masyarakat.

Wakil Ketua Bidang Kerjasama dan Advokasi  MCCC PP Muhammad, Corona Ristawan mengungkapkan pihaknya akan berusaha dan mengeluarkan surat edaran terkait kajian sholat di rumah dan akan memasifkan ke pengurus di wilayah dan daerah.

Meski demikian upaya yang dilakukan oleh pihaknya masih dalam lingkup persuasif dan edukatif, sehingga besar harapannya setiap pengurus Muhammadiyah di daerah dapat memberikan pemahaman yang baik bagi masyarakat agar tetap menahan diri untuk tidak beribadah di ruang publik.

“Tentunya kami menyadari bahwa ini tidak berupa instruktif, jadi tetap persuasif tapi dengan surat edaran diharapkan itu merupakan instruksi resmi dari Pimpinan Pusat yang harus dilaksanakan level pimpinan dibawahnya,” ujar Corona, Kamis (14/5/2020).

Selain itu Muhammadiyah turut membantu pemerintah dalam regulasi yang dikeluarkan seperti larangan mudik hingga anjuran mentaati protokol kesehatan covid-19 bagi masyarakat.

Sementara Nahdlatul Ulama (NU) juga ikut serta mendukung langkah pemerintah guna menghimbau kepada seluruh umat beragama untuk beribadah di rumah masing-masing.

Menurut Ketua Satuan Tugas NU Peduli COVID-19, Muhamad Makky Zamzani pihaknya telah mempersiapkan sejumlah kebijakan yang dilaksanakan secara persuasif kepada Jamaah NU di Indonesia.

“Terkait dengan instruksi yang dibahas para ulama dan disosialiasikan pertengahan Maret membuat hasil Bahtsul Masail dan sholat tarawih hingga Ied semua sudah dimasukkan dalam prinsipnya kita mengikuti arahan pemerintah,” jelas Makky, Kamis (14/5).

Kedua organisasi islam itu mengakui telah menggerakkan ribuan relawannya yang tersebar di seluruh tanah air, guna memberikan sarana bagi warga melalui basis terkecil warga. (sari).

Tinggalkan Balasan