Nadiem Makarim: Wabah COVID-19 Bawa Banyak Hikmah Terutama Pada Pendidikan di Indonesia

0

Jakarta, 5NEWS.CO.ID, – Upacara perayaan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan pada 2 Mei 2020 dilakukan secara daring oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

Ia mengatakan wabah COVID-19 justru membawa banyak hikmah pada pendidikan di Indonesia dan memberi kesempatan pada guru-guru untuk pertama kalinya melakukan pembelajaran secara daring.

“Krisis yang menjadi tantangan luar biasa bagi negara kita dan seluruh dunia. Tetapi dari krisis ini kita mendapatkan banyak sekali hikmah dan pembelajaran yang bisa kita terapkan saat ini dan setelahnya,” kata Nadiem lewat konferensi video, Sabtu (2/5).

Selain itu Nadiem juga mengatakan dengan adanya peristiwa ini orang tua jadi sadar betapa sulitnya tugas guru mengajar siswa secara efektif dan hal ini menimbulkan empati dari sisi orang tua kepada guru.

“Pendidikan yang efektif itu membutuhkan kolaborasi yang efektif dari tiga hal ini, guru, siswa dan orang tua. Tanpa kolaborasi itu pendidikan yang efektif tidak mungkin terjadi,” lanjutnya. (sari)

Komentar