Penasihat Keamanan Presiden Korsel: Kondisi Kim Baik-Baik Saja

0

Foto: DejournalPortal

Seoul, 5NEWS.CO.ID, -Beberapa hari yang lalu sebuah media barat atau surat kabar online mengabarkan bahwa Kim Jong Un tengah dalam kondisi sulit setelah menjalani operasi jantung, hingga dikabarkan meninggal dunia.

Penasihat Keamanan Presiden Korea Selatan,  Moon Jae-in menangkis rumor tersebut. Menurutnya kondisi Kim saat ini baik-baik saja dan ia tengah berada di Wonsan, sebuah kota resor di timur Korut sejak 13 April lalu.

“Posisi pemerintah kita tegas. Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi,” ucap Moon Chung in (penasihat Moon Jae-in) Minggu (26/4/2020) kemarin.

Rumor tersebut bermula dari ketidak hadiran Kim pada Perayaan Ulang Tahun mediang kakeknya (pendiri Korut, Kim II-sung) pada 15 April lalu.

Selain itu pada tanggal 11 April, ia terlihat dimuka publik sejak memimpin rapat politbiro Partai Pekerja Korut. Sehari setelahnya media pemerintah Korut melaporkan Kim memeriksa pesawat jet tempur di unit pertahanan udara.

Ketidak munculan Kim pada tanggal 15 April, membuat media mengeluarkan serangkaian spekulasi soal kesehatannya. Korea Selatan sendiri mengatakan tidak memiliki informasi apa-apa mengenai Pemimpin Tertinggi mereka.

“Kami tidak memiliki apa-apa untuk menginformasikan dan tidak ada gerakan khusus yang terdeteksi didalam Korut sampai sekarang,” jelas Kantor Kepresidenan Korea Selatan pada pekan lalu.

Sementara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump juga menepis isu tersebut. Ia mengatakan kabar tersebut tidak benar, hanya berdasar pada dokumen lama. Trump mendoakan agar kondisi Kim baik-baik saja.  

Saat ini Amerika telah menjalin komunikasi dengan Kim di tengah diskusi yang sedang berlangsung terkait program senjata nuklir Korut. (sari)

Komentar