Update Virus Corona Pati, Zona Merah Melebar di Kecamatan Gabus atau Sukolilo?

0
Update Virus Corona Pati Gabus atau Sukolilo yang Jadi Zona Merah

Pati, 5NEWS.CO.ID- Perbedaan data kembali terjadi antara tampilan website Kabupaten Pati Tanggap COVID-19 dan Jateng Tanggap COVID-19. Di situs Kab. Pati zona merah melebar ke Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Menurut data website tersebut, 4 kecamatan yang berzona merah masing-masing Kecamatan Pati, Juwana, Margorejo dan Gabus.

Data website Pati mencatat 12 orang PDP dengan rincian 6 pasien dinyatakan positif COVID-19, sementara 6 orang lainnya masih menunggu hasil laboratorium. ODP tercatat 683 orang dengan 624 orang telah melewati masa pantauan, sehingga ODP tersisa hanya 59 orang.

Sementara itu, per hari ini, Senin (20/4/2020) pukul 20.34 WIB, website Jateng Tanggap COVID-19 menampilkan pasien positif COVID-19 di 4 kecamatan juga dengan lokasi yang berbeda. Keempat kecamatan itu masing-masing, Kecamatan Pati, Juwana, Margorejo dan Sukolilo.

Perbedaan terlihat pada pertambahan zona merah di Kabupaten Pati, entah Kecamatan Gabus atau Sukolilo yang berstatus zona merah, atau malah keduanya?

Dilansir dari media humas, Bupati Pati Haryanto menegaskan anggapan bahwa pihaknya menyembunyikan data perkembangan COVID-19 adalah tidak benar. Ia juga menyayangkan beredarnya isu tersebut di masyarakat.

“Data yang kita laporkan adalah data dari rumah sakit yang menjadi rumah sakit rujukan lini ketiga ,” kata Haryanto, dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Pati, Senin (20/4).

Menurut Haryanto, Dinas Kesehatan Provinsi Jateng juga memahami soal SK tentang Rumah Sakit Rujukan Penanggulangan Penyakit Infeksi Emerging Tertentu Lini Ketiga di Kabupaten Pati. Perbedaan data terjadi, jelas Bupati, lantaran adanya pasien yang sudah dinyatakan negatif COVID-19 namun di website Provinsi Jawa Tengah belum dihapus.

 “Itu salah satu contoh kenapa data tidak sinkron,” ujarnya.

Sebelumnya perbedaan juga terjadi antara website yang dikelola Dinas Kesehatan Kabupaten Pati dengan website yang dikelola Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Pada hari Minggu (11/4) lalu, website TANGGAP COVID-19 Jateng menampilkan 4 titik merah yang menandakan adanya pasien positif corona, masing-masing berlokasi di Desa Kudukeras, Juwana, Kel. Patilor, Pati, Desa Ngepungrojo, Kec. Pati dan Desa Gembong, Kec. Gembong.

Sementara website yang dikelola Dinas Kesehatan Kabupaten Pati hanya menampilkan zona merah di 3 kecamatan yang berada di jalur pantura , yaitu Kec. Juwana, Pati dan Margorejo. Berbeda dengan situs provinsi, situs Kabupaten Pati hanya menandai Kec. Gembong, sebagai zona kuning yang menandakan adanya pasien dalam pengawasan (PDP).(hsn)

Tinggalkan Balasan