Amerika Serikat Resmi Setop Pendanaan WHO

0
Presiden AS saat berbicara mengenai virus corona di Gedung Putih (Alex Brandon/AP Photo)

Jakarta, 5NEWS.CO.ID, – Presiden Amerika Serikat resmi umumkan menghentikan bantuan dana untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Trump menyetop pendanaan tersebut karena menganggap WHO tidak serius dalam menangani kasus corona di China hingga akhirnya menyebar ke seluruh dunia.

“Tinjauan dilakukan untuk menilai peran WHO dalam salah urus dan menutupi penyebaran virus corona,” kata Trump seperti dikutip dari AFP, Rabu, (15/04/20).

Dalam konferensi yang digelar pada Selasa (14/04), Trump mengatakan bahwa dia telah menginstruksikan jajaran pemerintah untuk menghentikan pendanaan sementara.

“Dengan merebaknya pandemi Covid-19 kami menunjukkan keprihatinan mendalam, apakah kebaikan hati kami telah dimanfaatkan sebaik mungkin,” ujar Trump.

Trump meyakini bahwa WHO tidak transparan dalam memberikan informasi mengenai penyebaran wabah ini. Dia juga mengatakan, AS sebagai penyumbang dana terbesar yaitu sebesar $400 akan membahas langkah yang dilakukan terhadap setiap uang yang masuk ke WHO.

Trump telah lama meragukan transparansi China terkait penanganan wabah corona. Ia juga ragu terkait keakuratan data statistik Tiongkok mengenai jumlah korban akibat pandemi tersebut.

Ia menganggap WHO sangat bias terhadap China.

Kendati demikian, Trump juga mendapat banyak kritik karena dianggap terlalu meremehkan virus ini pada awal penyebarannya. Seperti diketahui, Trump sempat menganggap bahwa virus ini seperti virus biasa dan warga Amerika tidak akan terpengaruh dengan virus seperti itu.

Namun, kini Trump mengakui bahwa mereka kini tengah menghadapi situasi darurat nasional setelah AS menjadi negara dengan kasus kematian terbanyak akibat corona. (mra)

Komentar