Pasien Positif Corona Asal Pati Dinyatakan Sembuh di Kudus

0
satu pasien positif corona di Kudus sembuh, Sukarsih warga Kabupaten Pati (foto; Raka F.P.)

Pati, 5NEWS.CO.ID, – Satu pasien positif Covid-19 di Kabupaten Kudus dinyatakan sembuh oleh tim dokter Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus (RSMR). Sukarsih (28), pasien yang berprofesi sebagai perawat di RSMR dan berasal dari Kabupaten Pati itu sembuh setelah menjalani perawatan intensif selama 16 hari di ruang isolasi RSMR.

Sukarsih memberikan testimoni riwayat penyakitnya di Pendopo Kabupaten Kudus, Kamis (09/04/20). Turut hadir Plt Bupati Kudus Hartopo dan Direktur RSMR dokter Pujianto, dan jajaran tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Kudus. Semula, Sukarsih mengeluh sakit perut, pada 25 Maret lalu yang awalnya diduga berasal dari nyeri haid dan diare.

Karena sejak 21 Maret ia bertugas di ruang isolasi khusus, perempuan asal Dukuhseti, Kabupaten Pati itu dimasukkan daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Ia kemudian dipindah ke ruang isolasi khusus setelah hasil CT Scan atau CT Scan dada mengarah ke Covid-19. Terlebih ia mulai mengalami batuk kering. Sukarsih menjalani uji swab dan PCR, pada (28/03).

“Saya sempat down saat diberi tahu hasil PCR positif tanggal 3 April 2020. Tapi saya tetap menyemangati diri. Teman-teman dan keluarga juga terus menyemangati saya,” katanya.

Saat itu, Sukarsih yakin bisa sembuh. Pasalnya sejak divonis positif Covid, kondisinya terus membaik. Ia sudah tak mengalami keluhan selama tiga hari terakhir.

“Saya kembali di-swab dua kali, tanggal 4 dan 5 April. Tanggal 8 April 2020 saya diberitahu dokter bahwa hasil PCR untuk kedua swab sudah negatif, sehinga dinyatakan sembuh, bebas dari COVID-19, dan boleh pulang,” katanya.

Sukarsih tak tahu pasti dari mana asalnya virus Covid di tubuhnya. Namun ia masih ingat sempat menghadari acara keramaian, 11 hari sebelum mengeluh sakit.

Sembuhnya satu pasien positif ini, menurut Plt Bupati Kudus Hartopo menjadi bukti Covid-19 bisa disembuhkan.

“Sepanjang mematuhi anjuran dokter, pasien bisa sembuh. Anjuran pemerintah seperti phisyical distancing dan menggunakan masker juga harus dipatuhi untuk meminimalisasi potensi tertular virus,” katanya.

Hingga Kamis sore, total sebanyak enam kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kudus, Tiga pasien masih menjalani rawat inap di ruang isolasi khusus. Satu pasien sembuh, dua lainnya telah meninggal. (mra)

Tinggalkan Balasan