Faktor Pasien COVID-19 di Indonesia Meningkat Bukan Karena Cuaca

0

Profesor Dr. Handojo Muljono

Jakarta, 5NEWS.CO.ID, – Penyebaran virus corona di Indonesia semakin meningkat. Hingga detik ini jumlah pasien yang terinfeksi COVID-19 ada 514 orang, meninggal dunia 48 dan yang sembuh 29 orang.

Menurut Profesor David Handojo Muljono penularan COVID-19 cepat meningkat di Indonesia bukan dari faktor cuaca melainkan telah terjadi suatu kontak. Cairan atau droplet  pasien virus corona bisa menular ke orang lain jika saling berdekatan.

“Makin banyak jumlah virus yang terhirup maka tentunya penyakit lebih banyak, artinya lebih banyak virus yang masuk. Intensnya lebih kalau melalui udara,” jelas Pofesor David, Minggu (22/3/2020).

“Dan juga kontak yang lain seperti memegang sesuatu, lalu memegang bagian wajah kita yang mengandung mukosa bisa menyebabkan penularan,” lanjutnya.

Sementara itu Spesialis Paru Rumah Sakit persahabatan, Dr. Erlina Burhan mengatakan terkait meningkatnya jumlah pasien virus corona di Indonesia karena kelakuan sebagian besar masyarakat selama ini masih banyak yang tidak patuh dengan himbauan dari pemerintah untuk tetap berada didalam rumah.

“Pasalnya wabah ini bukan hanya menyangkut diri sendiri melainkan bisa menular ke orang lain,” ucap Dr. Erlita, Minggu (22/3).

Selain itu ia meminta pada mayarakat untuk tetap berada didalam rumah bila ingin membantu petugas kesehatan. Rumah sakit tidak akan bisa merawat pasien COVID-19 di ruang isolasi karena banyaknya penderita. (sari)

Tinggalkan Balasan