Langkah-Langkah Bupati Haryanto Atasi Kasus COVID-19

0

Pati, 5NEWS.CO.ID, – Menanggapi kasus virus corona, Bupati Pati Haryanto bersama jajarannya melakukan upaya serius agar wabah ini tidak tersebar ke seluruh wilayah Pati, Jawa Tengah. Hal ini disampaikannya saat jumpa pers di pendopo pada Senin (16/3/2020).

“Saya habis rapat dengan Pak Wakil, Pak Sekda dan semua OPD. Menindak lanjuti surat edaran dari Gubernur Jawa Tengah, kami membahas langkah-langkah pencegahan virus corona,” kata Haryanto, Senin (16/3).

“Langkah-langkah yang kami lakukan dengan membuat surat edaran kepada seluruh OPD maupun juga instansi terkait agar ikut berperan aktif melakukan langkah-langkah pencegahan,” lanjutnya.

Selain itu Bupati Haryanto menghimbau kepada masyarakat terkait warga yang suspeck virus corona, untuk tidak khawatir yang berlebihan, lakukan hidup sehat. Dengan cara cuci tangan pakai sabun, antiseptik dan tissu basah. Hindari kontak jabat tangan, cipika-cipiki atau cukup dengan menggunakan tanda.

Sementar itu surat edaran yang ditujukan keseluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun instansi bernomor 440/766 menyebutkan:

  1. Agar masyarakat Kabupaten Pati  tetap tenang dan menjaga serta meningkatkan sistem imunitas/daya tahan tubuh dengan makan makanan yang bergizi, minum air putih 8 gelas sehari, rajin berolahraga dan istirahat yang cukup. Makan makanan yang dimasak sempurna, jangan makan daging yang berpotensi menularkan. Gunakan masker bila batuk dan flu atau tutp mulut dengan lengan atas bagian dalam. Kurangi kontak fisik bila perlu, untuk bersalaman tidak harus bersentuhan dulu.
  2. Menunda/membatalkan kegiatan yang menghadirkan orang banyak pada tempat-tempat umum.
  3. Kepala OPD agar melaksanakan koordinasi, sosiali dan edukasi  mengenai upaya pencegahan dan pengendalian kepada seluruh staf dan jajaran terkait dibawahnya sesuai kewenangan.
  4. Menyediakan fasilitas tempat cuci tangan dengan sabun dan atau minimal cairan antiseptik di ruang publik seperti perkantoran, tempat perbelanjaan, sekolah, taman, tempat ibadah dan lain-lain.
  5. Camat agar meneruskan surat edaran ini kepada Lurah dan Kepala Desa di wilayah kerja masing-masing untuk mengedukasi warga tentang pencegahan dan penyebaran COVID-19.
  6. Bila mengalami gejala seperti demam, flu dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan terdekat atau menghubungi layanan pengaduan dan penanganan COVID-19 di Kabupaten Pati.

Untuk layanan pengaduan dan penanganan COVID-19 hubungi  (0295) 4101685 WA 082329341686 dan Hotline 119. (sari)

Tinggalkan Balasan