Jokowi Instruksikan Evakuasi WNI Dari Tiongkok

0




Jokowi putuskan evakuasi WNI dari Tiongkok

JAKARTA, 5NEWS.CO.ID,- Presiden Joko Widodo memerintahkan kepada jajarannya untuk segera mengevakuasi WNI dari China. Hal itu disampaikan di Ruang Tunggu Pangkalan TNI AU, Halim Perdana Kusuma, pada Kamis sore (30/1).

Keputusan tersebut diambil usai bertemu Retno Marsudi (Menlu), Pratikno (Mensesneg), Terawan Agus Putranto (Menkes), Yasonna Laoly (Menkumham), Doni Monardo (Kepala BNPB) dan Wishnutama (Menparekraf).

Sebanyak 243 WNI berada di Tiongkok dan sekitar 100 orang terjebak di Wuhan yang terisolir. Jakarta intens berkoordinasi dengan Beijing dalam upaya pemulangan.

Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju telah menggelar rapat koordinasi antar menteri secara tertutup. Usai acara, Menlu Retno Marsudi menyebut, rancangan serta detail evakuasi sudah siap dan terus dimatangkan.

“Sudah jadi, dalam artian Mereka bersedia membantu fasilitas evakuasi secepatnya. Kita intensif berkoordinasi dengan Mereka. Sehingga mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama, Kita akan dapat mengevakuasi warga negara Kita,” jelas Retno pada awak jurnalis, Kamis (30/1/20). (h@n)

Komentar