Sinar Matahari Dapat Membunuh Kuman Tuberkulosis

0

Contoh rumah sederhana yang sehat

Garut, 5NEWS.CO.ID, – Sekitar 4.788 warga Garut, Jawa Barat terdiagnosa penyakit TBC, yang disebabkan oleh kuman Mycobakterium Tuberkulosis. Sebagian dari mereka sudah diobati.

Diduga penularan penyakit tersebut melalui percikan air ludah, ketika berbicara, batuk maupun bersin dari penderita TBC.

Kepala Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat, Drg. Maya Marinta Montain, M.Kes mengatakan Mycobakterium Tuberkulosis  dapat mati sendiri bila terkena sinar matahari.

“Sinar matahari dapat membunuh bakteri tuberkulosis kalau rumahnya sehat. Jumlah rumah tidak layak huni di Garut mencapai 70 ribu,” ujar Drg. Maya pada acara FGD Tuberkulosis di Kantor Bupati Garut, Rabu (29/1).

Menurut Ketua Yayasan Arsitektur Hijau Nusantara, Ruli Oktavian, ST, IAI bahwa arsitektur rumah yang sehat harus mengabsorsin sinar matahari secara alami agar masuk ke dalam rumah. Tipsnya mudah dengan cara membangun rumah yang menghadap ke timur arah matahari terbit.

“Kalau memiliki lahan yang kecil bisa membuat bangunan ke atas, upayakan udara masuk kebagian depan, belakang maupun atas rumah,” jelas Ruli. (end)

Komentar