Kemenkes Siapkan 21 Kapsul Evakuasi Terkait Virus Corona

0

Anung Sugihantono (putih) dalam jumpa pers, Senin (27/1)




JAKARTA, 5NEWS.CO ID,- Otoritas Tiongkok mengumumkan, per Senin (27/1) korban tewas mencapai 80 orang dan 2.744 terinfeksi, 461 pasien diantaranya dalam kondisi kritis. Jumlah tersebut meningkat tajam dibanding sehari sebelumnya, Minggu (26/1).

Masyarakat tanah air dihimbau untuk tetap tenang dan waspada terkait banyaknya korban akibat virus mematikan itu. Disebutkan, Kemenkes telah menyiapkan 21 Kapsul Evakuasi untuk beberapa daerah di Indonesia.

Dirjen Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Anung Sugihantono menyatakan, pihaknya telah mengaktifkan 21 Kapsul Evakuasi yang tersebar di sejumlah daerah, seperti Lampung, Sumatera Selatan, Banten dan Jakarta. Hal tersebut sebagai bentuk tindakan pencegahan terhadap hal yang tak diinginkan termasuk Virus Corona.

“Pada awalnya, Kapsul ini jika ada sesuatu yang tidak kita harapkan, ini bisa dipakai untuk mengevakuasi dari titik pintu masuk ke Rumah sakit rujukan. Ini Negative Pressure. Jadi untuk menghalangi kontaminasi keluar, orangnya masih bisa dilihat dari luar, tapi keamanannya lebih terjamin,” terangnya pada awak media, Senin (27/1/20).

Kemenkes juga telah menunjuk sedikitnya 100 Rumah Sakit rujukan, yang sebelumnya dipakai pada kasus flu burung. Otoritasnya juga telah berkoordinasi dengan Kemenhub, Kemenpar dan TNI demi mencegah masuknya wabah tersebut.

Kerjasama juga dijalin dengan pihak maskapai penerbangan seluruh Indonesia, untuk menjamin sterilisasi Virus Corona di dalam kabin. Diharapkan mekanisme dan standar pencegahan dapat dilakukan dengan optimal. Pengawasan khusus juga diterapkan kepada maskapai penerbangan Tiongkok.

Otoritas Kesehatan pun membagikan Kartu Peringatan Kesehatan bagi para penumpang dari dan ke luar negeri. Hal tersebut sebagai tanda, bahwa yang bersangkutan diharuskan mendapatkan penanganan serius dari Rumah Sakit.

Sementara itu, Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto mengatakan, bahwa pemerintah telah memperketat pintu masuk di bandara dan pelabuhan internasional di seluruh Indonesia. Alat Pendeteksi Suhu Tubuh (Thermoscanner) pun telah disiagakan di titik-titik tersebut. (h@n)

Tinggalkan Balasan