Manfaatkan Foto ‘Luthfi Demonstran’, Nasdem Dikecam Netizen

0
Foto Luthfi yang dijadikan iklan partai Nasdem (twitter @Panca66)

Jakarta, 5NEWS.CO.ID, – Beredar foto Luthfi Alfiandi, remaja yang membawa bendera merah putih saat aksi demonstrasi menolak RKUHP dan RUU yang diedit untuk keperluan iklan Partai Nasdem.

Foto iklan Partai Nasdem yang beredar di media sosial ini bahkan mengganti bendera Merah Putih yang dikenakan Luthfi saat aksi dengan bendera milik partai politik milik Surya Paloh tersebut.

Selain itu ada tambahan beberapa teks yang disematkan dalam foto tersebut. Teks yang tertulis di bagian bawah seperti “Nurani untuk Negeri”, “Selamat dan Sukses”, “Nasdem Days 2020” dan seterusnya.

Salah satu akun yang memprotes adalah politikus Partai Demokrat Panca Cipta Laksana melalui akun @panca66, pada Senin (27/01/20). Panca menulis, “Nasdem mengedit foto Luthfi untuk iklannya”.

Ia juga meragukan apakah partai tersebut telah meminta izin untuk menjadikan foto itu sebagai iklan. Apalagi foto Luthfi yang viral ini merupakan karya dari seorang fotografer milik Kompas.com, Garry Andrew Lotulung.

“Saya rasa foto ini ada fotografernya yang motret. Apakah Nasdem sudah minta izin? Secara Nasdem partai yang ngga peduli Luthfi tapi memanfaatkan fotonya untuk kepentingan promosi Taufik Basari,” imbuh Panca.

Warganet mengkritik Nasdem yang menjadikan foto Luthfi sebagai ajang promosi.

“Tobas, itu Merah Putih diganti bendera partai, menghina banget ya. C’mon you’re better than this,” dari @berlianidris.

“Shame on you Nasdem,” tulis @agung7709.

Para warganet sangat menyayangkan hal ini, dimana seharusnya partai politik membantu Luthfi untuk membebaskannya dari jerat hukum bukan malah memanfaatkan momen ini untuk ajang promosi. (mra)

Komentar