Warga Dieng Kembali Temukan Bangunan Kuno Mirip Candi

0
struktur bangunan diduga candi di Dieng. Foto:istimewa

Banjarnegara, 5NEWS.CO.ID, – Warga yang hendak membuat septic tank dikagetkan dengan temuan batu yang diduga candi. Alief Fauzi, warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara itu sedang mempekerjakan orang untuk membangun fasilitas pendopo budaya Dieng.

“Saya mendapat laporan ada batunya, ya sudah saya suruh untuk menghentikan pekerjaannya,” kata Alief.

Setelah ditemukan, warga segera menghubungi petugas Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) yang kemudian segera datang dan memeriksa temuan itu.

Juru Pelihara Unit Dieng BPCB, Jawa Tengah, Tusar menjelaskan batuan itu ditemukan di kedalaman sekitar 1 meter dan lokasinya dekat dengan kompleks Candi Arjuna. Dia pun mengatakan sudah meneruskan laporan tersebut kepada Kantor BPCB Jawa Tengah terkait penemuan struktur bangunan di bawah tanah tersebut.

“Bentuknya itu mirip struktur bangunan, mirip sebuah candi. Lokasinya sekitar 50 meter dari museum Kailasa, dekat dengan kompleks Candi Arjuna,” jelas Tusar, Senin (20/01/20).

Lokasi struktur bangunan yang diduga candi ini berjarak 700 meter di sebelah barat lokasi arca ganesha terbesar di Dieng yang ditemukan akhir 2019 lalu. Arca tersebut ditemukan oleh petani kentang di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Temuan baru ini semakin menegaskan masih banyak sejarah yang belum terungkap di Dieng. Kesimpulan sejarah yang ada saat ini baru mampu mengungkap peradaban Dieng permukaan. Masih banyak misteri sejarah yang belum terpecahkan. (mra)

Tinggalkan Balasan