‘Keraton Agung Sejagat’ Kini Jadi Destinasi Wisata

0
Parade Keraton Agung Sejagat yang sempat menghebohkan beberapa waktu lalu

Purworejo, 5NEWS.CO.ID, – Keraton Agung Sejagat yang baru-baru ini membuat heboh sampai-sampai polisi harus turun tangan. Kini setelah kehebohan tersebut berhasil diredam, bekas bangunan keratonnya mencuri perhatian wisatawan.

Keberadaan Keraton Agung Sejagat (KAS) di Desa Pogung Juru Tengah, RT 03 RW 01, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat. Mengingat saat ini masih banyak masyarakat yang mendatangi lokasi tersebut.

Berdasarkan pantauan 5NEWS.CO.ID, puluhan warga terlihat memadati depan gerbang Keraton KAS yang masih terpasang garis polisi. Selain melihat kondisi keraton tersebut, warga nampak berswafoto ria dengan background keraton yang viral beberapa waktu kemarin.

Bahkan, di depan gerbang keraton KAS dipenuhi oleh pedagang yang menjajakan makanan dan minuman. Sedangkan suasana di dalam gerbang keraton tidak seramai diluar. Tampak di dalam kompleks Keraton KAS masih berdiri bangunan dari 4 pasak kayu dan sebuah batu yang diduga prasasti keraton KAS.

Salah satu pengunjung, Teguh Supriyadi (55), Warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo mengatakan bahwa ia baru pertama kali datang ke keraton yang dibangun oleh Toto Santoso. Ia sengaja datang karena penasaran setelah melihat tayangannya di Youtube dan banyak dimuat di media.

“Baru pertama kali ini, sengaja kesini karena penasaran. Soalnya lihat di Youtube dan berita itu bangunan keraton luas dan megah,” katanya saat dimintai keterangan, Sabtu (18/01/20).

“Tapi yang saya lihat kok malah semacam gudang, temboknya saja jelek tidak seperti bangunan keraton,” imbuh Teguh.

Meski begitu, ia mengaku sudah berfoto ria dengan background keraton KAS seperti yang dilakukan oleh warga lain yang berkunjung kesana. Ia mengaku foto tersebut untuk kenang-kenangan sebelum keraton tersebut hilang. (mra)

Tinggalkan Balasan