Iran Tak Sengaja Tembak Jatuh Pesawat Ukraina

0
Bagian puing pesawat Boeing 737-800 milik Maskapai Internasional Ukraina penerbangan PS752. Gambar diambil dari rekaman video Iran Press. ANTARA FOTO/Iran Press/Handout via REUTERS/wsj/djo

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,– Militer Iran akui pihaknya tidak sengaja menembak jatuh pesawat Ukraine International Airlines dengan nomor penerbangan PS752, yang menewaskan 176 orang pada Rabu (08/01/20). Menlu Iran, Mohammad Javad Zarif meminta maaf dan berbelasungkawa atas insiden tersebut.

“Hari yang menyedihkan, kesimpulan awal penyelidikan internal oleh angkatan bersenjata: kesalahan manusia pada saat krisis, karena aktivitas Amerika Serikat (di udara) yang mengakibatkan bencana,” kata Zarif melalui cuitan akun twitternya di @JZarif.

“Penyesalan kami yang mendalam, permintaan maaf dan belasungkawa kepada keluarga semua korban dan kepada negara-negara yang terkena dampak lainnya,” sambungnya.

https://platform.twitter.com/widgets.js

Sebelumnya, lewat pernyataan resmi Angkatan Bersenjata Iran pada hari ini mengakui bahwa mereka menembak jatuh pesawat Ukraina bertipe Boeing 737 karena faktor kesalahan manusia. Mereka mengira pesawat komersil tersebut sebagai pesawat musuh.

Tudingan bahwa Iran tidak sengaja menembak jatuh pesawat Ukraina itu sebelumnya pernah dilontarkan oleh pejabat AS. Insiden jatuhnya pesawat tersebut terjadi ketika ketegangan antara Teheran dan Washington krmbali memanas setelah serangan drone AS menewaskan Jenderal berpengaruh Iran, Qassem Soleimani. (mra)

Tinggalkan Balasan