Pengungsi Banjir Jakarta Capai Angka Puluhan Ribu Jiwa

0
Petugas pemadam kebakaran mengevakuasi warga saat banjir di Jalan Jatinegara Barat, Kampung Pulo, Jakarta, Kamis (2/1/2020). Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per 2 Januari 2020, terdapat 63 titik banjir di wilayah DKI Jakarta dan secara keseluruhan terdapat 169 titik banjir untuk Jabodetabek dan Banten. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.

Jakarta, 5NEWS .CO.ID,- Sebanyak 1.424 warga terdampak banjir di Kelurahan Pengadegan, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan mengungsi di posko yang telah di sediakan di beberapa lokasi. Warga mulai mengungsi sejak banjir mulai menggenangi rumah mereka pada Rabu (01/01) sore.

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari lokasi, ribuan warga tersebut mengungsi di beberapa tempat yang tidak tergenang. Seperti di GOR Kecamatan Pancoran, SDN 03 Pengadegan, Madrasah Anassyatul Hikmiah, Kecamatan Pancoran, Rusun Pengadegan, Yayasan LIA, Studio PSI Pengadegan Timur Raya, serta di beberapa rumah yang tidak terdampak banjir.

“Ada beberapa RT yang terdampak banjir di wilayah Pengadegan, yakni RT 005, RT 006, RT 007, RT 008, RT 010, RT 011, semuanya di RW 01,” kata Kasatpol PP Kelurahan Pengadegan Asa Benyanto di GOR Pengadegan, Kamis (02/01).

Ia juga menjelaskan bahwa masyarakat mulai mengungsi sejak hari pertama banjir masuk ke rumah mereka. Saat itu warga di bantu oleh petugas gabungan yang telah bersiaga melakukan proses evakuasi.

“Mereka mengungsi mulai pukul 17.00 WIB, setelah kami beritahu banjir kiriman dari hulu sudah sampai ke wilayah Pengadegan, Pancoran,” kata dia.

Lurah Pengadegan, Azhari mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan posko logistik di Kantor Kelurahan Pengadegan dan dapur umum. Bantuan logistik yang diterima pihaknya berasal dari berbagai kalangan, seperti pemerintah, swasta, maupun komunitas-komunitas.

“Yang paling dibutuhkan nanti adalah alat-alat kebersihan, yang akan digunakan warga untuk bersih-bersih pasca banjir nanti,” Kata Lurah Pengadegan tersebut.

Posko Banjir Jakarta mencatat jumlah pengungsi di seluruh wilayah DKI Jakarta mencapai angka 31.232 orang hingga Rabu malam (01/01). (mra)

Tinggalkan Balasan