Curah Hujan Tinggi, Sebabkan Banjir di Jakarta

0

Jakarta, 5NEWS.CO.ID, – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya menyebabkan 16 orang meninggal dunia. Lebih dari 31.000 orang mengungsi.

BMKG memperkirakan puncak hujan akan terjadi pada pertengahan Januari hingga Maret, Rabu (1/1/2020).

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Doni Monardo bahwa curah hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya pada tahun ini merupakan rekor tertinggi dalam seperempat abad terakhir.

“Masyarakat diminta untuk segera mengungsi ke tempat aman jika tempat tinggalnya berpotensi mengalami banjir besar. Selamatkan nyawa terlebih dahulu daripada harta benda,” himbau Doni, Kamis (2/1/2020).

Sementara Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Juaini Yusuf mengatakan, banjir yang melanda Jakarta pada Selasa (17/12/2019) lalu, secara umum tidak ada masalah. Namun genangan air yang terjadi pada hujan deras kemarin, Rabu (1/1/2020) mengakibatkan adanya antrean air masuk ke saluran, sehingga terjadilah banjir yang tidak dapat dihindarkan pada sejumlah titik.

Disisi lain pihak PLN mengatakan listrik akan dipadamkan sementara di 724 wilayah yang terkena banjir. Hal ini demi keselamatan masyarakat agar terhindar dari bahaya arus listrik. (end)

Komentar