Separatis Pro-Rusia Bebaskan 76 Tahanan Ukraina

0
suasana haru sambut kedatangan para tahanan di Boryspil, Kiev




KIEV, 5NEWS.CO.ID,- Pesawat yang membawa 76 tahanan tiba di bandara Internasional Boryspil, dekat Kiev, ibukota Ukraina. Terdiri dari 12 personel militer dan 64 warga sipil.

Mereka dikembalikan oleh kelompok separatis pro-Rusia. Sementara pihak separatis menerima pengembalian 124 orang tahanan dari Ukraina. Itu berarti 200 tahanan telah ditukar secara keseluruhan.

Keluarga dan kerabat para tahanan menyambut kedatangan di bandara. Beberapa di antara mereka ada yang membawa karangan bunga. Bahagia, isak tangis mewarnai saat para tahanan memeluk anggota keluarga.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky terlihat menyambut dan menyapa para tahanan, Minggu (29/12/19).

“Kami mengembalikan 82 tahanan, 76 orang ada disini sekarang, 6 lainnya masih di wilayah-wilayah pendudukan sementara, karena keluarga mereka ada disana. Jika mereka akan datang, kami akan memberikan semua yang mereka perlukan”, terang Zelensky kepada awak media.

Sementara itu salah satu tahanan bebas, Olena Sorokina mengatakan, “Tadinya aku berpikir nanti akan dibebaskan. Lalu aku diberitahu bahwa aku tidak ditukar. Aku tetap yakin. Aku menunggu hari ini. Terima kasih banyak”.

Sebelumnya, pertukaran tahanan perang pernah dilakukan kedua pihak pada Desember 2017 lalu. Seperti diketahui, Konflik Ukraina – Rusia pecah saat Negeri Beruang Merah mencaplok Crimea 5 tahun lalu. (h@n)




Komentar