Paus Fransiskus Minta Pemimpin Dunia Hilangkan Senjata Nuklir

0

Tokyo, 5NEWS.CO.ID, – Paus Fransiskus menyerukan para pemimpin dunia untuk mengenyahkan atau menghilangkan senjata nuklir karena berpotensi mengurangi keamanan dan stabilitas negara-negara lain di dunia. Dia mengatakan perihal tersebut di lokasi tempat dijatuhkannya bom atom oleh AS dalam akhir Perang Dunia II di Nagasaki, Jepang.

Dilansir dari Sky News Minggu (24/11/2019), Paus Fransiskus meletakkan karangan bunga dan berdoa ditengah guyuran hujan, di depan monumen para korban. Kemudian beliau mengatakan bahwa lokasi ini merupakan pengingat “kesakitan dan horor yang bisa dibuat manusia atas manusia lainnya”.

“Saya yakin, dunia tanpa senjata nuklir itu bisa dilakukan dan memang perlu, saya meminta para pemimpin dunia ingat, senjata itu tak bisa melindungi mereka dari ancaman nasional dan internasional,” ujarnya.

Pemimpin Gereja Katolik Roma itu mengunjungi Nagasaki, kemudian melanjutkan perjalanannya ke kota Hiroshima dalam rangka memperkuat dukungannya untuk melenyapkan senjata nuklir. Paus juga berujar bahwa kita tidak akan pernah bisa menciptakan stabilitas dunia jika membangun senjata yang dapat digunakan untuk menimbulkan teror bahkan pemusnahan massal.

“Perdamaian itu hanya bisa dicapai berdasarkan etika solidaritas global serta kerja sama,” papar Paus Fransiskus.

Beliau juga menegaskan bahwa uang yang masuk dari hasil penjualan senjata dalam jenis apapun hanya akan menjauhkan kita dari surga. Beberapa tahun silam, Paus juga pernah mendapatkan sebuah foto seorang anak kecil yang tengah memanggul jenazahnya menuju krematorium.

Paus kemudian membagikan ribuan salinan foto tersebut ke seluruh penjuru dunia dengan caption “buah dari perang”. (mra)

Komentar