Menhan Tentang Pertahanan Rakyat Semesta: Semua Wajib Bela Negara

0
Raker anatara menhan dan Komisi l DPR yang sempat diwarnai banyak interupsi.

Jakarta, 5NEWS.CO.ID, – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berbicara perihal perang rakyat semesta dengan Komisi l Dewan Perwakilan Rakyat saat rapat kerja. Menurut Prabowo, perang rakyat semesta ini merupakan filosofi pertahanan Indonesia yang sudah diterapkan sejak dulu.

 “Itu adalah doktrin Indoensia selama ini. Lahir dari sejarah kita bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut bela negara,” ujar Prabowo saat rapat dengan Komisi l DPR di Senayan, Senin, (11/11/2019).

Mantan Komandan Jendral Pasukan Khusus milik TNI ini mengatakan bahwa negara kita ini memang kalah dari segi teknologi pertahanan. Namun ia menegaskan bahwa pertahanan Indonesia mendasarkan pada konsep dan pemikiran pertahanan rakyat.

“kalau kita terpaksa terlibat perang, konsep perang yang akan kita laksanakan adalah perang rakyat semesta. The concept of the total people war,” ujar Prabowo.

Prabowo juga menyebutkan bahwa konsep ini harus terus dipegang dan diterapkan oleh rakyat Indonesia di masa sekarang dan di masa seterusnya. Dia pun meyakini bahwa jika sekalipun sarana dan prasaran pertahanan negara bisa dihancurkan, tetapi tanah air kita tetap tidak akan bisa diduduki dengan mudah oleh musuh jika kita menerapkan pertahanan rakyat semesta.

“Saya yakin, ibu ketua, bahwa Indonesia tidak mungkin diduduki oleh bangsa lain. Karena seluruh rakyat yang akan menjadi komponen pertahanan negara,” ujar Prabowo dengan mantap, ditujukan kepada Ketua Komisi l DPR Meutya Hafid.

Ia menegaskan bahwa dengan diterapkannya konsep pertahanan rakyat semesta, menjadikan Indonesia negara yang solid karena setiap warga negara punya hak bertanggung jawab dalam membela negaranya dan tidak melimpahkan tanggung jawab bela negara kepada sebagian orang atau lembaga-lembaga tertentu saja. (mra)

Tinggalkan Balasan