Sri Mulyani: Gara-gara Dana Desa Muncul Desa Baru Tidak Berpenghuni

0

Jakarta, 5NEWS.CO.ID, – Gara-gara dana desa dari pemerintah, saat ini banyak muncul fenomena desa ‘hantu’, yaitu desa-desa baru yang tidak berpenghuni.

Desa tersebut muncul tiba-tiba demi mendapatkan alokasi anggaran program dana desa yang sudah dijalankan Pemerintah. Kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat melaporkan evaluasi kinerja APBN Tahun Anggaran 2019 di ruang rapat Komisi XI dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Jakarta Selatan, Senin (4/11/2011).

“Sekarang muncul desa-desa baru yang nggak ada penduduknya karena adanya dana desa,” kata menteri kelahiran Semarang itu.

Munculnya beberapa desa tak berpenghuni ini adalah bukti masih banyaknya oknum yang ingin memanfaatkan alokasi dana desa.

Untuk itu, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini akan mengevaluasi program dana desa dengan cara memperketat aturan pencairan.

“Makanya kita mau evaluasi karena adanya transfer setiap bulannya,” katanya.

Kementerian Keuangan mengalokasikan anggaran dana desa sebesar Rp 70 triliun di tahun 2019. Indonesia memiliki 74.597 desa di 2019, di mana setiap desa mendapatkan anggaran sekitar Rp 900 juta.

Dana desa disalurkan melalui tiga tahap yakni tahap I sebesar 20 persen, tahap II sebesar 40 persen dan tahap III sebesar 40 persen. Pada tahap I, Pemerintah Daerah diharuskan menyerahkan Perdes (Peraturan Desa) dan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa).

Tahap II diwajibkan memberikan laporan realisasi dan konsolidasi Dana Desa tahun sebelumnya. Pada tahap III memberikan seluruh laporan yang ada di tahap I dan II secara lengkap. (mas)

Komentar