Latihan Bersama, Pendekar PSHT ‘Hitam’ kan Kota Pati Hari Ini

0
Foto: Pendim Pati

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Ratusan pendekar perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) memenuhi area jalan Panglima Sudirman Pati pada hari ini. Diperkirakan lebih dari seribu pendekar berseragam hitam berkumpul di depan gedung Kodim 0718/ Pati, Minggu (3/11/2019) pagi.

Bertepatan dengan Car Free Day (CFD), warga perguruan silat PSHT Cabang Pati berkumpul di halaman depan Kodim sebelum memulai kegiatan bertajuk Latihan Bersama.

“Saya sempat nanya kira-kira yang datang berapa orang? Dijawab kurang lebih seribu Pak,” ujar Dandim 0718/ Pati, Arief Darmawan S. Sos., saat memberi pengarahan di Aula Kodim, Minggu (3/11).

Di hadapan ratusan pendekar PSHT, Dandim menyatakan sejauh ini penilaian masyarakat terhadap perguruan silat ini cukup baik. Untuk itu, dia berpesan agar citra tersebut jangan sampai berubah.

“Forkopimda ada 9 unsur, salah satunya saya selaku Dandim. Delapan unsur lainnya menilai PSHT di Pati ini baik,” tuturnya, disambut riuh tepuk tangan hadirin.

Untuk itu, Arief berpesan agar para pendekar PSHT, khususnya di Kabupaten Pati, tetap menjaga perilaku dan martabat perguruan. Dandim yang hidup dalam keluarga besar PSHT itu menyatakan, segala sesuatu yang berkaitan dengan perguruan silat ini, terutama di Pati, juga terkait dengan dirinya.

“Kalau ada apa-apa pasti saya yang pertama dikabari. Itu lho Pak, bocahmu,” kata dia.

Kegiatan diawali dengan lari pagi bersama, lalu disambung dengan peragaan senam dan jurus yang dilakukan secara massal. Usai pemanasan, para pendekar kemudian tampil bergantian menyajikan berbagai atraksi pencak silat.

Selain Dandim dan jajaran petugas, turut hadir anggota Dewan Pusat PSHT Madiun Andreas Eka Sakti Yudiawan SE., Ketua PSHT Cabang Pati Abdul Khalim, MM. M.P.d.l , beserta jajaran pengurus organisasi.(hsn)

Tinggalkan Balasan