PSHT Pati Salurkan Air Bersih bagi Warga Terdampak Kekeringan

0

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Musim kemarau berkepanjangan mengakibatkan warga mengalami krisis air bersih. Hal itu juga dialami oleh penduduk Desa Bungasrejo, Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Warga perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Pati, wilayah Pati Utara menyalurkan bantuan air bersih ke daerah terdampak kekeringan. Bantuan air bersih itu dikirim sebanyak dua kali, yaitu dua tanki dikirim pada hari Jumat dan Sabtu, tanggal 25-26 Oktober 2019.

“Berbudi luhur, tahu benar dan salah serta memayu hayuning bawono (mewujudkan perdamaian dunia) merupakan ajaran PSHT. Di saat masyarakat di sekitar kita sedang membutuhkan bantuan dan kita mampu mengulurkan tangan, kenapa tidak kita lakukan,” kata Yudi, warga PSHT Ranting Margoyoso kepada 5NEWS.CO.ID, Sabtu (26/10/2019) siang.

“Semata-mata demi menjalankan ajaran perguruan kami,” ujar Suwoto, yang juga warga PSHT Ranting Margoyoso.

Berdasarkan pantauan 5NEWS.CO.ID, sebagia wilayah Kabupaten Pati terdampak kekeringan cukup parah. Warga yang tinggal wilayah utara, timur dan selatan mengalami kesulitan air bersih akibat kemarau panjang.

Sejak minggu lalu, warga PSHT Cabang Pati mulai mengirimkan bantuan bersih ke sejumlah wilayah terdampak kekeringan. Warga desa sontak berdatangan dan mulai menimba setelah air bersih dari truk tanki dipindahkan ke kolam penampungan.(dwi)

Tinggalkan Balasan