Kedua Kalinya, UAS Batal Ceramah di Kudus

0
59

Kudus, 5NEWS.CO.ID, – Penceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) yang sedianya akan menjadi pencermaah di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, nanti malam, Selasa (8/9/2019) dibatalkan pihak panitia.

Batalnya tablig akbar di Kudus bagi UAS kali ini merupakan yang kedua. Pada tahun lalu UAS juga batal menggelar ceramah di kota Kretek ini.

Meskipun sudah mendapatkan izin dari Kepolisian tapi panitia Tablig Akbar itu mengaku UAS hanya datang dan tidak ceramah. Pihak panitia mengatakan UAS sendiri sudah mendapatkan pemberitahuan pembatalan tersebut.

Sebelumnya, dari poster yang terpajang maupun yang tersebar di media sosial, UAS akan mengisi tablig akbar dengan tema ‘Urip Iku Urup’. Dan akan digelar di Pondok Pesantren Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Al Achsaniyyah, Jalan Mayor Kusmanto, Desa Pedawang, Kecamatan Bae, Kudus.

Menurut pengakuan Pengasuh Ponpes Al Achsaniyyah Kudus, KH Moh Faiq Afthoni, tulis detikcom, pihaknya sendiri yang membatalkan UAS mengisi tablig akbar di pondok pesantrennya. Keputusan ini diambil pihak pesantren demi kepentingan bersama. Demi kemaslahatan bersama, jelasnya.

“Ya hadir kunjungan saja, tapi tablig akbar ditiadakan,” katanya.

Namun dipastikan UAS tetap akan hadir di pondok pesantren itu untuk berkunjung dan meletakan batu pertama pembangunan ruang keterampilan anak-anak di ponpes tersebut.

“Ya hadir hanya untuk kunjungan dan peletakan batu pertama,” tutur Faiq.

Disamping itu, Faiq megaku pernah belajar di Kairo satu alumni dengan UAS. “Dan juga satu alumni Cairo (Universitas Al Azhar Kairo Mesir,” tuturnya.

Kudus, Demak, Jepara, Pati dan sekitarnya terkenal dengan basis Islam yang santun dan toleran. Masyarakatnya senantiasa srawung dengan berbagai agama dan etnis yang berbeda. Dalam ceramahnya UAS kerap kali menyinggung keyakinan agama lain dan menimbulkan pro kontra di tengah masyarakat.

Mungkin langkah antisipasi seperti itu yang diambil panitia sehingga penceramah asal Asahan Sumatra Utara itu batal ceramah. (mas)

Tinggalkan Balasan