Gunung Raung Terbakar, 13 Pendaki Selamat

0
24

Jember, 5NEWS.CO.ID,- Kebakaran besar melanda area Gunung Raung, Jawa Timur, Jumat, (4/10/2019). Dikabarkan terdapat rombongan pendaki berjumlah 13 orang sempat terjebak di camp 9 dan belum bisa turun.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo mengatakan pendaki yang sempat terjebak dalam kebakaran tersebut berjumlah 13 orang dan terdiri dari 2 porter, 2 guide, 2 WNI, dan 7 WNA Singapura.

“Update terbaru pukul 10.30 WIB, para pendaki yang terjebak itu telah sampai di Base Camp Wonorejo dengan keadaan selamat dan sehat. Saat ini tengah dilakukan pemeriksaan lanjutan,” ujarnya kepada salah satu media nasional, Sabtu, (5/10/2019).

Dari 13 pendaki tersebut, terdapat 2 orang yang mengalami luka ringan akibat insiden tersebut dan tidak memerlukan adanya pemeriksaan lanjutan, imbuhya.

“rencananya setelah selesai dilakukan pemeriksaan kesehatan dan beristirahat di Base Camp, para pendaki akan melanjutkan perjalanan pulang” katanya.

Terkait kebakaran yang terjadi, ia mengatakan bahwa dari hasil laporan yang diterimanya masih terdapat potensi bahaya titik api di Camp 2, sehingga sewaktu operasi Tim SAR gabungan waktu itu sempat mencari jalur alternatif lain.

Sebelumnya kebakaran juga sempat terjadi di sejumlah gunung yang ada di Indonesia, mulai dari gunung Slamet di Banyumas, Merbabu hingga Semeru di Jawa Timur. Bahkan kebakaran di Gunung Semeru sudah terjadi selama kurang lebih tiga minggu dan baru pertama kali terdeteksi pada Selasa, 17 September 2019.

Kemungkinan jalur pendakian di gunung Raung akan ditutup untuk sementara sampai batas waktu yang ditentukan oleh pihak yang berwenang untuk menghindari adanya potensi korban-korban lain terkait insiden kebakaran yang marak terjadi di sejumlah gunung di Indonesia.

Tinggalkan Balasan