Empat Tuntutan BEM Seluruh Indonesia di Gedung DPR

0

Jakarta, 5NEWS.CO.ID, – Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) hari ini, Selasa, 1 Oktober 2019 menggelar demo di DPR, yang juga bertepatan dengan pelantikan para anggota dewan itu.

Sekitar 25 BEM dari berbagai universitas akan bergabung, kata koordinator aksi BEM SI Muhammad Abdul Basit. Seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Padjadjaran, Universitas Trilogi, Universitas YARSI, Institut Pertanian Bogor, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, dan lain-lain.

Aksi siang itu mereka sebut sebagai agenda #TuntaskanReformasi dan terdiri dari empat tuntutan.

Tuntutan pertama adalah merestorasi upaya pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

Tuntutan kedua yaitu merestorasi demokrasi, hak rakyat untuk berpendapat, penghormatan perlindungan dan pemenuhan hak asasi manusia, dan keterlibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan.

Tuntutan ketiga yang akan disampaikan dalam demonstrasi di DPR hari ini adalah merestorasi pelaksanaan reforma agraria dan perlindungan sumber daya alam serta tenaga kerja dari ekonomi yang eksploitatif.

Keempat, menuntut restorasi kesatuan bangsa dengan penghapusan diskriminasi antar etnis, penghapusan kesenjangan ekonomi, dan perlindungan bagi perempuan. (mas)

Tinggalkan Balasan