Bagikan Bunga, Mahasiswa: Tidak Ada Permusuhan Dengan Aparat

0

Jakarta, 5NEWS.CO.ID, – Sejumlah mahasiswa kembali berkumpul di depan gedung TVRI di dekat gerbang pemuda di kawasan Senayan, Selasa, (01/10/2019), bertepatan dengan dilantiknya anggota DPR periode 2019-2024.

Berbeda dengan aksi-aksi sebelumnya, sejumlah mahasiswa dari empat kampus tersebut berlangsung damai. Selain berorasi secara damai, mereka juga membagikan bunga kepada para polisi yang mengawal jalannya aksi mereka.

“Bunga ini kami bagikan sebagai tanda bahwa mahasiswa bisa melakukan aksi secara damai, tak ada permusuhan sedikitpun dengan aparat,” kata salah satu mahasiswa dalam orasinya.

Selain orasi, mereka juga membawa sejumlah alat peraga seperti spanduk dan bendera-bendera yang mereka kibarkan selama aksi tersebut berlangsung. Bunga-bunga tersebut mereka bagikan kepada aparat yang mereka temui.

Dari pantauan yang dilakukan sepajang aksi tersebut berlangsung, diketahui ada sekitar empat universitas yang ikut serta dalam aksi damai di depan gedung Kemenpora. Tiga diantaranya yang diketahui adalah Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Kampus Yarsi, serta Politeknik STMI Jakarta.

Saat ini para mahasiswa tersebut tengah membuat border untuk menghalangi adanya penyusup dalam aksi yang mereka gelar kali ini dan mereka melakukan hal ini agar tidak kecolongan seperti aksi-aksi yang mereka laksanakan sebelumnya.

Rencananya mereka akan melakukan long march ke depan Gedung DPR untuk menyuarakan aspirasi-aspirasi mereka kepada anggota DPR yang baru dilantik tetapi tetap dengan menggunakan cara damai.

“Tuntutan kami, pertama tuntaskan reformasi, agar para anggota DPR bekerja benar-benar untuk rakyat,” kata salah satu mahasiswa.

Hal ini menunjukkan bahwa citra mahasiswa dalam menyampaikan aspiasi mereka dan dalam rangka mewakili aspirasi seluruh rakyat Indonesi tidak hanya dilakukan dengan cara kerusuhan tetapi bisa juga dengan aksi-aksi damai seperti ini. (mra)

Komentar