Penangkapan Ananda Badudu Terkait Penggalangan Dana Untuk Mahasiswa

0

a

Jakarta, 5NEWS.CO.ID, -Musisi Ananda Badudu Jumat (27/9/2019) sekitar pukul 04.25 ditangkap oleh pihak  Kepolisian dari Polda Metro Jaya.  Penangkapan aktivis Ananda Badudu di Rumah Susun (Rusun) Sarana Jaya disaksikan oleh pihak sekuriti.

“Sejak hari Kamis (26/9/2019) siang, polisi memantau Ananda,”  kata seorang sekuriti Rumah Susun Sarana Jaya bernama Azis.

“Orang polda sudah menunggu lama di bawah. Mobilnya diparkir diluar dari siang”, lanjut Aziz.

Polisi kemudian menghampiri sekuriti lain (rekan Azis) untuk menunjukkan foto Ananda lewat ponsel.

“Polisi tanya,’kenal dengan orang ini nggak?’. Teman saya bilang kenal, itu di kamar 413 lantai 4. Tapi polisi tidak permasalahannya apa,” jelas Azis.

“Polisi yang datang menjemput Ananda berjumlah lima orang berpakain preman,” lanjut Azis. Dan dini hari sekuriti mengantar Polisi ke kamar Ananda.

“Pintu diketuk, yang buka temannya.Dari orang Polda langsung kasih surat,” kata Azis. Sewaktu Polisi membawanya Ananda pasrah saja.

“Dia nurut saja, nggak marah-marah, dia langsung aja ikut,” ucapnya.

Setelah menjalani pemeriksaan sebagai saksi  di Polda Metro Jaya, akhirnya Ananda Badudu, keluar dari keluar dari ruang penyidik pukul  10.17 WIB didampimgi oleh Ketua Amnesty Internasional Indonesia, Usman Hamid. Saat ditanya oleh media Ananda Badudu tampak menitikkan airmata. Ananda sempat mengusap airmatanya dengan kaos panjang yang dikenakan.

“Saya salah satu orang yang beruntung punya Privilege untuk segera dibebaskan. Tapi di dalam, saya lihat banyak sekali mahasiswa yang diprotes  tanpa pendampingan, diproses dengan cara-cara tidak etis. Mereka butuh pertolongan lebih dari saya,” kata Ananda sambil menahan tangis.

Menurut Wakil Koordinator Kontras Feri Kusuma penangkapan Ananda terkait uang yang dihimpun Ananda melalui media sosialnya dan disalurkan untuk demonstrasi  mahasiswa penentang RUKHP dan UU KPK hasil revisi di Gedung DPR/MPR , Selasa (24/9/2019) dan Rabu (25/9/2019).

Ananda diketahui menginisasi penggalangan dana publik untuk mendukung gerakkan mahasiswa melalui situs crowfunding,kitabisa.com. Donasi yang dikumpulkan telah mencapai  Rp 157.491.520 dari target dana 50 juta.(Kompas.com/end)

Komentar