Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Suriname

0
16
Indonesia menyampaikan bantuan peningkatan kapasitas UKM Suriname sebagai bagaian dari porgram prioritas Indonesia sebagai anggota DK PBB.(Dok. Kementerian Luar Negeri)

5NEWS.CO.ID, – upaya Indonesia dalam membantu perekonomian Suriname mendapat apresiasi dari menteri Luar Negeri Suriname H.E. Yldiz Pollack-Beighle, bantuan ini di berikan lewat peningkatan sumber daya manusia (SDM) di sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) yang sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi Suriname.

Hal tersebut disampaikan H.E. Yldiz Pollack-Beighle pada saat pembukaan Workshop Dispatch of Expert on Small Medium Enterprises for Suriname di Paramaribo, Suriname, Senin, (16\9\2019).

“kerja sama ini merupakan cermin kedekatan hubungan Indonesia dan Suriname”, ujarnya saat membuka Workshop Dispatch of Expert on Small Medium Enterprises for Suriname yang juga dihadiri oleh Ibu Negara Suriname Igrid Bouterse-Waldring.

Soal bantuan, Duta Besar Republik Indonesia Y.M. Julang Pujianto mengatakan, hal tersebut penting karena memiliki efek multiplier bagi suatu negara karena, terutama di bidang ekonomi.

“kegiatan ini merupakan salah satu upaya berkelanjutan Indonesia dalam mengisi hubungan bilateral Indonesia dan Suriname, khususnya dalam bidang capacity building”, ujarnya.

Menurutnya, kerja sama pemberdayaan UKM sejalan dengan prioritas Indonesia sebagai anggota dewan keamanan PBB untuk mensinergikan penciptaan perdamaian dengan pembangunan berkelanjutan dan upaya sustaining peace melalui upaya pengembangan ekonomi rakyat.

Workshop peningkatan kapasitas UKM di Suriname ini merupakan salah satu bentuk komitmen Indonesia untuk terus berkontribusi aktif dalam kerangka Kerja Sama Selatan-Selatan melalui pengiriman tenaga ahli di bidang UKM.

Workshop tersebut diikuti oleh sekitar 30 peserta asal Suriname, jumlah tersebut terdiri dari para pemilik usaha start up, tenaga pendidik, dan konsultan UKM. Sementara itu, workshop ditujukan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam merencanakan sekaligus mengembangkan model dan rencana operasional usaha serta meningkatkan SDM di daerahnya.(mra)  

Tinggalkan Balasan