Kecamatan Karimunjawa Miliki Kapal Baru Penghubung Antarpulau

0



Jepara, 5NEWS.CO.ID, – Pelaksana tugas (Plt.) Bupati Jepara Dian Kristiandi meresmikan Kapal Motor (KM) Banawa Nusantara 98 sebagai transportasi antarpulau di Kecamatan Karimunjawa. Hibah dari pemerintah pusat itu untuk mendukung konektivitas wilayah dan kunjungan wisatawan di Kecamatan yang memiliki 27 pulau itu.

“Kehadiran kapal ini mampu mempererat, mendekatkan secara emosional warga Karimunjawa dalam satu kesatuan, utamanya dalam proses pembangunan wilayah itu sendiri,” ujar Andi di Dermaga Pantai Kartini Jepara, Selasa (17/9/2019).

Rencananya, KM Banawa Nusantara 98 akan ditempatkan di Pelabuhan penyeberangan Karimunjawa. Di Kecamatan Karimunjawa sendiri hanya lima pulau yang berpenghuni, yaitu Pulau Parang, Nyamuk, Genting, Kemujan, dan Pulau Karimunjawa sendiri.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jepara, Deni Hendarko, KM Banawa Nusantara 98 akan melayani rute Pulau Karimunjawa – Pulau Parang – Pulau Nyamuk – Pulau Genting, pulang pergi.

“Jenis kapal ini mampu menembus pasang surutnya gelombang laut yang ada di kawasan Kepulauan Karimunjawa, selain dapat merapat di semua dermaga yang ada di sana,” kata Deni.

KM Banawa Nusantara 98 memiliki panjang 17,65 meter, mampu menampung 24 penumpang dan lima awak. Berbahan bakar seribu liter, tangki air tawar 250 liter, dan memiliki berat keseluruhan 34 gross tonnage dan mampu melaju dengan kecepatan sembilan knot. (mas)

Tinggalkan Balasan