12 LSM Kirimi Jokowi Surat Terbuka Segera Selesaikan Kebakaran Hutan dan Lahan

0

Jakarta, 5NEWS.CO.ID, – Menanggapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) koalisi masyarakat sipil yang terdiri dari 12 lembaga swadaya masyarakat mengirim surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo .

Surat terbuka itu memuat 10 tuntutan agar Jokowi segera menindaklanjuti  dan memastikan layanan kesehatan bagi warga dan menugaskan tenaga medis yang cukup.

“Surat terbuka ini kami sampaikan demi kemanusian dan keadilan,” kata Kepala Desk Politik Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Khalisa Halid di kantornya, Mampang Perapatan, Jakarta Selatan, Senin (16/9/2019).

Tuntutan lainnya ialah segera mengevakuasi masyarakat terdampak kebakaran hutan lahan, khususnya perempuan, anak-anak, dan orang lanjut usia.

Juga mendesak Presiden Jokowi untuk segera mencabut Peninjauan Kembali (PK) atas putusan Mahkamah Agung yang menyatakan pemerintah bersalah atas kasus kebakaran hutan dan lahan pada 2015.

“Mendesak pemerintah untuk peninjauan kembali izin konsesi korporasi serta audit lingkungan,” katanya.

Koalisi masyarakat sipil ini terdiri dari Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Greenpeace, Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA), Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS), Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK), Solidaritas Perempuan, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), dan lainnya. (mas)

Komentar