Islam Nusantara adalah Islam dengan Kearifan Lokal dan Budaya Setempat

0

Jepara, 5NEWS.CO.ID, – Islam adalah agama samawi terakhir, maka Islam adalah ajaran yang lengkap dan komprehensif, bisa menjawab kebutuhan manusia hingga hari terakhir.

Hal itu disampaikan ustaz Alam Firdaus saat seminar pembekalan mahasiswa baru di gedung Pasca Sarjana Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU), dengan tema ‘Islam Nusantara’, pada Kamis (5/9/2019).

“Karakteristik agama Islam adalah lengkap dan komprehensif. Islam bukan sekedar ibadah saja dan tidak ada hubungan dengan dunia. Tapi Islam agama yang lengkap, mencakup dunia dan akhirat,” katanya di hadapan ratusan calon mahasiswa baru itu.

Islam juga mengajarkan lingkungan hidup, kepedulian dengan alam sekitar. seperti perlakuan Islam terhadap hewan ternak dan tumbuhan, katanya.

Pengajar di pesantren Darut Taqrib Jepara itu juga menyampaikan bahwa Islam bukan agama ekslusif, tapi dengan tangan terbuka menerima paham dan budaya lain selama tidak bertentangan dengan prinsip utama aqidah dan fikih dalam Islam.

“Seperti hadis carilah ilmu sampai ke negri Cina. Kita pahami saat itu Cina bukan negara Muslim, maka perintah Nabi pasti bukan berkenaan dengan ilmu agama, tapi ilmu lain,” katanya.

Artinya jangan alergi dan anti dengan apapun meski bukan berasal dari Islam, katanya. Selama demi kemajuan Islam maka layak dipelajari.

Menurutnya, maksud dari Islam Nusantara adalah Islam yang bermakna ajaran baku tapi dalam proses dakwah dan penyampaiannya dibungkus kearifan lokal dan budaya setempat.

“Maka seharusnya tidak memicu kontroversi di tengah masyarakat, sebab sesuai dengan kebutuhan lokal setempat. Di nusantara, seperti para wali songo menyampaikan Islam menggunakan kearifan dan budaya lokal,” lanjutnya.

Begitulah islam, lanjtnya, Islam dimana pun sama ajarannya. Namun prakatek keislamannya yang berbeda. Keislamn kita di Nusantara dengan peci, koko dan sarung. “Tapi sarung di Timur Tengah justru untuk ke kamar mandi,” katanya.

Islam adalah agama universal, nilai-nilainya universal sehingga bisa diterapkan di berbagai kalangan dan tempat, pungkasnya. (mas)

Komentar