Ulang Tahun Gus Mus ke 75 Digelar di Klenteng Sam Poo Kong Semarang

0

Semarang, 5NEWS.CO.ID, – Acara hari ulang tahun Gus Mus ke 75 Persembahan Sahabat dan Santri untuk Kiaiku di halaman komplek Sam Poo Kong Semarang begitu ramai dan semarak.

Dengan gelaran seni dan budaya persembahan para sahabat, turut meramaikan acara spesial bagi sahabat Gus Dur itu. Seperti Sujiwo Tejo, Joko Pekik, Prie GS, Butet Kertaradjasa, Sosiawan Leak, turun membacakan puisi dan lagu untuk sahabat mereka yang berulang tahun.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam sambutannya mengatakan bahwa negeri Indonesia butuh nilai-nilai kebaikan, butuh pengawal kebaikan, masih butuh orang-orang seperti KH Mustofa Bisri.

“Kita butuh orang-orang yang bisa memperingatkan agar kita senantiasa berada dalam koridor kebaikan, agar kita tetap saling menghormati sebagai bangsa,” kata Ganjar tadi malam, Rabu (14/08/2019).

Kata Ganjar, karena kita negara besar, punya Bhineka Tunggal Ika maka perbedaan itu akan ditarik-tarik, dicubit, diaduk agar kita bisa diadu.
“Yang senang siapa? Pasti yang mengadu, seperti adu jangkrik itu. Tapi kita kan bukan jangkrik, jangan mau diadu kita harus bersatu,” lanjut Ganjar.

Ganjar berharap, agar para hadirin yang didominasi anak-anak muda itu, bisa meneladani nilai-nilai yang diajarkan ulama asal Leteh Rembang itu.

“Agar kita bisa melakukan kebaikan setiap hari, wajah lebih banyak senyum, dan kita bisa lebih bijaksna seperti Gus Mus,” katanya.

Acara malam itu juga dihadiri berbagai kalangan seniman, budayawan, sastrawan berbagai etnis, dan beragam agama. Sebagai tanda cinta bagi guru bangsa yang menyejukan seperti Gus Mus. (mas)

Tinggalkan Balasan