Muhammadiyah: Tujuan NKRI Bersyariah Sudah Tercakup dalam Pancasila

0
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir

Yogyakarta, 5NEWS.CO.ID,- Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyebut NKRI sudah lama bersyariah. Hal itu dikatakan menanggapi sejumlah hasil Ijtimak Ulama IV untuk mengajak umat Islam mewujudkan NKRI bersyariah berdasarkan Pancasila.

Baca Juga:

Haedar Nashir juga meminta masyarakat tidak perlu lagi mempertentangkan istilah syariah. Menurut dia, tatanan NKRI saat ini sudah sarat dengan nilai-nilai yang menjadi tujuan syariah itu sendiri.

“NKRI itu kan sudah lama bersyariah. Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Adil Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin Hikmah Kebijaksanaan Permusyawaratan Perwakilan, dan Keadilan Sosial. Tujuan syariah sudah tercakup semua di dalamnya,” kata Haedar di Yogyakarta, Kamis (8/8/2019).

Ketum PP Muhammadiyah itu juga menganggap tak perlu lagi ada idiom, simbol atau konsep yang menjadikan NKRI semakin jauh dari ‘jiwanya. Hal itu bisa terjadi, karena masyarakat hanya melihat dari nama, atribut yang merupakan ‘cangkang’ atau kulit saja.

“Maqashid Syariah atau tujuan Syariah sudah tercakup di dalamnya,” ujarnya.

“Muhammadiyah sudah final menjadikan Indonesia sebagai darul ahdi wa syahadah,” imbuhnya.

Muhammadiyah memiliki pandangan final bahwa Indonesia merupakan negara hasil kesepakatan bersama dengan Pancasila sebagai ideologi negara. Untuk itu, dia menilai tidak perlu lagi ada pertentangan istilah-istilah sebagai ‘tampilan luar’ atau sebutan.

“Praktikkan saja Pancasila, insyaAllah baik syariat Islam maupun syariat agama lain akan tercakup di dalamnya. Jadi sudah cukup,” tegas dia.

Dia juga menganggap sudah saatnya bangsa Indonesia mengimplementasikan dan mewujudkan Pancasila dengan mengamalkannya. Dia menyebut Pancasila harus dipraktikkan dalam semua sektor kehidupan bangsa, termasuk juga para pejabat.(hsn)

Tinggalkan Balasan