Mendung Naungi Mekkah di Hari Wafatnya Mbah Moen

0

Riyadh, 5NEWS.CO.ID,- KH Maimun Zubair yang akrab dipanggil Mbah Moen meninggal dunia di Mekkah pada hari ini, Selasa (6/8/2019) pagi waktu setempat. Mbah Moen wafat pada usia 90 tahun saat sedang melaksanakan ibadah haji.

Baca Juga:

Berbeda dengan hari biasa, sejak pagi tadi cuaca di Mekkah mendung dengan suhu udara di kisaran 32-33 derajat Celcius. Berdasarkan keterangan beberapa jamaah haji, gerimis bahkan sempat turun di waktu subuh tadi. Padahal kemarin dan hari-hari sebelumnya, cuaca di tanah suci sangat panas dengan suhu di atas 40 derajat Celcius.

Amirul Hajj yang juga selaku Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan pihaknya sedang mengupayakan agar jenazah Mbah Moen bisa dimakamkan di pemakaman Al Ma’la di Mekkah, Arab Saudi.

Pemakaman Al Ma’la atau Al Mu’alla, berada di sebelah utara Masjidil Haram. Area itu merupakan tempat beberapa anggota keluarga Nabi Muhammad SAW dimakamkan. Dua guru Mbah Moen juga dimakamkan di sana.

Menag menyatakan meskipun jamaah haji yang meninggal dunia di Mekkah biasanya dimakamkan di Permakaman Sharaya. Pihaknya akan mengupayakan agar jenazah KH Maimoen Zubair dapat dimakamkan di Ma’la.

Jenazah Mbah Moen saat ini masih berada di Kantor Urusan Haji Daerah Kerja Mekkah di Syisyah dan rencananya akan dibawa ke Masjidil Haram untuk dishalatkan lalu kemudian dimakamkan.

Di Twitter, nama Mbah Moen menjadi trending topik. Netizen beramai-ramai mengucapkan belasungkawa atas kepergian ulama sepuh tersebut. Nama MbahMoen hingga sore ini telah dimention sebanyak lebih dari 82.000 kali.

Presiden Ri Joko Widodo juga menyampaikan ucapan duka melalui akun Twitter-nya @jokowi. Dalam twitnya Jokowi mengatakan, “Sorban hijau ini dikalungkan sendiri oleh Kiai Haji Maimun Zubair. Hari ini, sang empunya sorban wafat di Makkah.Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Semoga Allah SWT memberi Mbah Moen tempat yang lapang di sisiNya, dan segenap keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran. Amin.”.

https://platform.twitter.com/widgets.js https://platform.twitter.com/widgets.js

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Puji Pudjiastuti juga menyampaikan ungkapan senada. dia mengatakan, “Innalillahi wa innailaihi rajiuun. Indonesia kehilangan tokoh besar dan pemersatu bangsa.” Tulis dia melalui akun Twitter nya @susipujiastuti, Selasa (6/8).(hsn)

Komentar