ISJN: Keadilan Sosial Harus Diperjuangkan

0

Jepara, 5NEWS.CO.ID, – Ketua Panitia Social Justice Youth Camp 2019 Jawa Tengah, Ikfina Maufuriya mengatakan bahwa materi-materi yang nanti diberikan pada peserta diharapkan bermanfaat dan berguna di masa depan.

Para peserta diharapakan tidak hanya sekedar perjumpaan dengan mereka yang berbeda, tapi bisa memahami keadilan sosial, empati dan keragaaman, katanya saat pembukaan acara SJYC di pendopo Desa Palajan Pakisaji Jepara, Kamis (1/08/2019).

“Mampu melakukan internalisasi nilai-nilai dalam keseharian,” katanya.

Menurut Fina, materi-materi yang akan disampaikan nanti bisa berdampak positif untuk lingkungan. Maka diharapkan para peserta nantinya bisa aktif dilingkungan masing-masing dan menerapkan nilai-nilai yang dipelajari.

“Para peserta bisa melalukan interaksi dengan masyarakat dengan tinggal di rumah penduduk. Makan dan tidur dengan masyarakat Plajan,” katanya di hadapan 25 peserta dari berbagai daerah di Jateng itu.

Sementara itu, Presidum Indonesia Social Justice Network (ISJN), Marthadinata Basyir, selaku pemateri dalam acara itu mengatakan yang tergabung dalam ISJN itu dari berbagai agama, pemikiran dan lintas disiplin ilmu. Tersebar di berbagai daerah di Nusantara.

“Para alumni ISJN berkesempatan kuliah di luar negri, maka ilmu yang didapat harus disebarkan demi kebaikan bangsa. Ada semacam tanggungjawab yang harus kami bayar untuk negri,” kata Nathan menyemangati para peserta.

Nathan berharap melalui kegiatan selama empat hari 1-4 Agustus itu, kaum muda Indonesia sadar bahwa keadilan sosial harus diperjuangkan. “Kaum muda memiliki kesadaran untuk manjaga lingkungan hidup dan kaum muda menghargai perbedaan,”lanjutnya.

Acara itu diprakarsai oleh Jalin Damai Jepara yang berkolaborasi dengan Indonesia Social Justice Network (ISJN). Sebuah upaya menanamkan nilai-nilai toleransi dan moderasi ke anak-anak remaja. Para peserta pun beragam terdiri dari beragam agama, etnis dan budaya.

Selain dihadiri Petinggi Desa Plajan, Priyatin dan tokoh masyarakat setemoat, juga hadir Camat Pakisaji Arif Budianto S.H. yang membacakan sambutan Plt Bupati Dian Kristiandi. (mas)

Komentar