Sekolah Bebas Kertas dengan Aplikasi Kipin School 4.0 yang Kaya Fitur

0

Jakarta, 5NEWS.CO.ID,- Era digital mendorong portal pendidikan.id merilis aplikasi Kippin 4.0. Terobosan yang mampu membuat dunia pendidikan Indonesia menjadi lebih mudah dan murah. Dengan aplikasi ini, pelajar Indonesia tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli buku cetak yang harganya cukup lumayan.

CEO (Chief Executive Officer) Pendidikan.id, Santoso Suratso Bc. mengatakan era digital merupakan kesempatan bagi dunia pendidikan Indonesia untuk mengubah dan mengembangkan sistem pendidikan yang lebih modern dan lebih dekat dengan dunia pelajar kekinian.

Baca Juga:

Dia menilai buku merupakan sarana pembelajaran yang kurang menarik untuk zaman sekarang. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli  buku cetak juga cukup lumayan. Oleh karena itu, dunia pendidkan Indonesia harus segera memanfaatkan teknologi digital.

“Selama puluhan tahun, pelajar Indonesia hanya memanfaatkan buku cetak sebagai materi pembelajaran. Agar tidak tertinggal dari negara tetangga, harus segera memanfaatkan teknologi digital,” kata Santoso (54) dalam keterangan tertulisnya kepada 5NEWS.CO.ID, Kamis (18/7/2019).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memiliki lebih dari 1000 buku sekolah yang lisensinya dibeli oleh pemerintah lalu digratiskan ke siswa diseluruh Indonesia. Sejak tahun 2013 , kata Santoso, tim pendidikan.id terdorong untuk membangun dan mengembangkan materi pembelajaran tersebut dalam format digital.

“Hanya butuh satu kali download. Setelah itu datanya bisa digunakan tanpa harus online lagi,” ujarnya.

Aplikasi Kipin School 4.0 bisa digunakan semua sekolah di Indonesia karena cukup efisien dan hemat dalam penggunaan internet.

Santoso menjelaskan, Kipin School 4.0 sudah dilengkapi dengan teknologi ‘Download and Go’ sehingga pelajar hanya perlu satu kali download. Setelah itu, data dapat digunakan setiap saat, dimana saja, tanpa membutuhkan sambungan internet lagi.

Aplikasi ini memiliki lebih dari 2.500 buku pelajaran sekolah untuk tingkat SD, SMP, SMA dan SMK, sekitar 1.500 video pelajaran kelas dan lebih dari 20.000 latihan soal ‘tryout’ untuk ulangan harian, UTS, UAS, UN, USBN, UNBK. Tak hanya itu, Kipin School 4.0 juga menyediakan lebih dari 200 komik literasi pendidikan yang cukup menarik untuk dibaca.

“Jika ada pelajaran dari guru yang belum dipahami, bisa belajar melalui video dan diulang-ulang sampai mengerti. Latihan soal didesain supaya nilainya dapat langsung terlihat di layar dan bisa dicoba sebanyak mungkin tanpa batasan,” tutur CEO pendidikan.id itu.

“Pada Kipin School 4.0 sudah dilengkapi dengan teknologi yang dinamakan PTO (Pendidikan Tryout Online) untuk pelaksanaan kegiatan penilaian harian atau ujian bebas kertas di sekolah,” imbuhnya.

Manajer Utama pendidikan.id itu mengatakan, aplikasi ini sengaja dirancang bagi pelajar usia SD, SMP dan SMA. Yang lebih menarik, kata dia, baik siswa maupun guru dipersilahkan memanfaatkan Kipin School 4.0 ini secara gratis melalui smartphone, tablet atau komputer.(hsn)

Tinggalkan Balasan