Indonesia Kecam Keras Penghargaan kepada Tokoh OPM Benny Wenda

0
Foto BBC

London, 5NEWS.CO.ID,-  Kemeterian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) mengecam keras penghargaan yang diberikan Dewan Kota Oxford, Inggris, kepada tokoh Organisasi Papua Merdeka (OPM Benny Wenda.

Dalam pernyataan tertulisnya pada hari ini, Kamis (18/7/2019), Kemenlu RI menyatakan sikap Dewan Kota Oxford tidak memiliki makna apapun mengingat sikap tegas Pemerintah Inggris konsisten dalam mendukung kedaulatan dan integritas NKRI.

Baca Juga:

“Indonesia menghargai sikap tegas Pemerintah Inggris yang konsisten dalam mendukung penuh kedaulatan dan integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia dan karenanya sikap Dewan Kota Oxford tidak punya makna apapun,” kata Kemenlu RI dalam pernyataan tertulisnya.

Selain menganggap tidak memahami sepak terjang Benny Wenda, Kemenlu juga menilai Dewan Kota Oxford kurang memahami kondisi di Papua dan Papua Barat yang sebenarmya. Menurut Kemenlu, hal itu terlihat melalui pemberian penghargaan kepada tokoh separatis OPM Benny Wenda.

“Pemberian award  ini menunjukkan ketidakpahaman Dewan Kota Oxford terhadap sepak terjang yang bersangkutan dan kondisi Provinsi Papua dan Papua Barat yg sebenarnya, termasuk pembangunan dan kemajuannya,” tulis Kemenlu.

Sebelumnya, Pemerintah RI melalui Kemenlu telah menyatakan bahwa Indonesia menghargai sikap tegas Pemerintah Inggris yang secara konsisten mendukung penuh integritas dan kedaulatan NKRI.

“Indonesia menghargai sikap tegas Pemerintah Inggris yang konsisten dalam mendukung penuh kedaulatan dan integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia dan karenanya sikap Dewan Kota Oxford tidak punya makna apapun,” tandas Kemenlu pada bagian pertama pernyataan tertulisnya.

Pada bagian akhir, Kemenlu menyatakan bahwa Indonesia tetap tegas menyikapi gerakan separatisme dan tak akan mundur satu inchi pun untuk menjaga tegaknya NKRI.

Berikut keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI:

1.Indonesia menghargai sikap tegas Pemerintah Inggris yang konsisten dalam mendukung penuh kedaulatan dan integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia dan karenanya sikap Dewan Kota Oxford tidak punya makna apapun.

2. Indonesia mengecam keras pemberian award oleh Dewan Kota Oxford kepada seseorang bernama Benny Wenda, pegiat separatisme Papua yang memiliki rekam jejak kriminal di Papua.

3. Pemberian award  ini menunjukkan ketidakpahaman Dewan Kota Oxford terhadap sepak terjang yang bersangkutan dan kondisi Provinsi Papua dan Papua Barat yg sebenarnya, termasuk pembangunan dan kemajuannya.

4. Posisi Indonesia terhadap kelompok separatisme akan tetap tegas. Indonesia tidak akan mundur satu inci pun untuk tegakkan NKRI.

Sebelumnya, Walikota Oxford, Craig Simmons, mengatakan Benny Wenda begitu banyak berkontribusi baik di ‘panggung’ lokal maupun internasional. Untuk itu, kata Craig, penghargaan itu layak diberikan

Di lain pihak, Pemerintah Inggris menegaskan, penghargaan yang diberikan Dewan Kota Oxford kepada tokoh OPM Benny Wenda bukan berarti pihaknya mendukung kemerdekaan Papua. Kementerian Luar Negeri Inggris menegaskan pemberian penghargaan Dewan Kota Oxford kepada Benny Wenda tidak ada hubungannya sama sekali dengan sikap pemerintah Inggris.

“Hal itu merupakan kewenangan Dewan Kota Oxford karena secara politik sikap dewan lokal adalah independen dari pemerintah pusat,” tegas Kemenlu Inggris.

“Kami mendukung integritas teritori Indonesia dan Papua sebagai bagian dari Indonesia,” kata Kementerian Luar Negeri Inggris, seperti dikutip dari BBC.

Benny Wenda sendiri mengapresiasi penghargaan yang diberikan Dewan Kota Oxford kepada dirinya, dia menganggap Dewan Kota Oxford memiliki perhatian terhadap keadilan dan HAM untuk masyarakat Papua Barat.(kemlu.go.id/hsn)

Komentar