Tumbuhkan Kembali Budaya Belanja di Pasar Tradisional, Desa Tegalsambi Miliki Pasar Baru

0

Jepara, 5NEWS.CO.ID, – Warga Desa Tegalsambi dan sekitarnya sekarang memiliki pasar baru. Pasar baru tersebut menjadi salah satu ikon desa Tegalsambi di Kecamatan Tahunan itu.

Baca Juga:

Pasar yang baru diresmkan pada Senin (15/07/2019) itu, menempati lahan seluas 336 meter persegi. Memiliki 36 lapak dan 8 kios dan ditempati oleh 42 pedagang.

Petinggi Tegalsambi Agus Santoso mengatakan, perubahan tata letak dan kelola pasar itu agar bisa merubah kebiasaan masyrakat menghadapi pasar-pasar modern dengan pola pasar yang telah ada 20 tahun lalu itu.

“Yang terpenting adalah menanamkan kembali budaya belanja ke pasar tradisonal. Sekaligus mendukung pemberdayaan masyarakat melalui ekonomi kerakyatan,” tegasnya usai peresmian.

Menjamurnya Indomaret dan Alfamart disekitar masyarakat, diakui Agus, mempengaruhi gaya belanja masyarakat dan bisa mengancam pasar tradisional.

“Jadi tidak sedikit-sedikit ke Indomaret sedikit-sedikit ke Alfamart, di pasar tradisional juga ada. Kita juga ada minimarket milik desa di sebelah kiri pasar itu menyediakan juga beraneka kebutuhan,” tutur Agus seperti dilansir laman jepara.go.id.

Agus berharap penataan pasar yang baru agar terlihat rapi dan bersih supaya memiliki kesan nyaman bagi pedagang dan pembeli.

“Terlebih pembeli di Pasar Desa Tegalsambi juga berasal dari desa lain. Seperti warga Desa Mantingan dan Telukawur,” tegasnya.

Perbaikan pasar yang dekat dengan wisata pantai itu dilakukan bertahap selama tiga tahun, dimulai pada tahun 2017. Pembiayaan pembangunan bersumber dari dana desa dengan menghabiskan anggaran Rp178 juta.

Pasar Desa Tegalsambi dilengkapi fasilitas saluran listrik, jaringan aliran air bersih, hingga tersedia fasilitas toilet umum dan lahan parkir yang nyaman dan aman.

Peresmian pasar ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi, kemudian dilanjutkan dengan penguntingan pita dan pemotongan tumpeng oleh Asisten II Sekda, Mulyaji di lokasi pasar desa.

Turut hadir pada hari itu Camat Tahunan Eko Kasiono, Petinggi Tegalsambi Agus Santoso, utusan Muspika Tahunan, dan beberapa pejabat perangkat daerah terkait. (mas)

Komentar