Penderita Aids di Kabupaten Pati Meningkat

0

Pati, 5NEWS.CO.ID,- Salah satu masalah pokok dalam kesehatan adalah HIV/AIDS yang merupakan penyakit akibat turunnya kekebalan tubuh yang disebabkan oleh infeksi virus. Inilah yang secara perlahan dan pasti menyebabkan tubuh kehilangan kekebalannya sehingga penyakit akan mudah masuk ke dalam tubuh. Akibatnya penyakit-penyakit yang tadinya tidak berbahaya akan menjadi ancaman bagi tubuh kita.

Perkembangan HIV/AIDS di Kab. Pati sangat mengkhawatirkan karena banyaknya temuan kasus yang ada, selama periode 1996-2017 yang mencapai angka 1168 orang dan jumlah penderita yang meninggal sebanyak 159 orang.

Jumlah kasus tersebut pada tahun 2017 mnecapai 101 orang, sehingga Kab. Pati termasuk zona merah uruatn 10 besar penyebaran virus di area Jawa Tengah. Masalah ini sangat mencemaskan dan mengkhawatrkan, karena hingga masa sekarang bleum ada regulasi pada tingkat pemerintah daerah.

Berkaitan dengan hal tersebut serta dalam rangka mewujudkan kepastian hukum dan pencegahan dan penanggulangan HIV, DPRD Kab Pati memandang perlu mengajukan peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

“Demikian penjelasan kami atas rancangan perda prakarsa DPRD tentang pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS,” kata Ketua Komisi D
Hj Maesaroh S.Pdi.(w@n)

Komentar