Demo Al Quds, Presiden Iran Turun ke Jalan dan Sebut ‘Kesepakatan Abad Ini’ akan menjadi ‘Kegagalan Abad Ini’

0
Rouhani Al Quds di Teheran Iran

Teheran, 5NEWS.CO.ID,- Presden Iran Hassan Rouhani bergabung bersama lautan massa aksi Al Quds International Day di Teheran, Iran, Jumat (31/5/2019) siang waktu setempat. Lautan massa memadati jalan-jalan Teheran dan berunjuk rasa di hari Jumat terakhir bulan Ramadhan.

Tahun ini, massa menggaungkan slogan ‘Kegagalan Abad Ini’ sebagai sikap penentangan mereka atas ‘Kesepakatan Abad Ini’ yang digagas Amerika Serikat. Pernyataan yang sama juga disampaikan Presiden Iran kepada media saat ditemui di tengah aksi massa Quds Day di Teheran.

“Tak diragukan lagi, ‘Kesepakatan Abad ini’ akan berubah menjadi ‘Kegagalan Abad Ini’ dan tidak akan membuahkan hasil,” kata Rouhani kepada awak media, Jumat (31/5/2019) siang.

Rouhani juga menggambarkan hari itu sebagai ‘Hari Umat Muslim Bediri untuk Melawan Agresor Dunia’. Dia berharap peringatan Hari Al Quds di seluruh dunia akan menyampaikan pesan bahwa Palestina selalu hidup dan Quds merupakan milik umat Islam.

Sebelumnya, Washington telah merencanakan sebuah skema penyelesaian konflik Palestina-Israel dalam beberapa bulan terakhir. Amerika Serikat menyebut rencana itu dengan “Kesepakatan Abad Ini’. Pertemuan pertama dijadwalkan untuk rencana itu dijadwalkan akan berlangsung di Bahrain pada pertengahan Juni mendatang.

Otoritas Palestina mengatakan tidak akan menghadiri konferensi itu. Pihaknya juga menyebut tawaran Amerika itu sepihak dan akan menolak apapun hasil kesepakatan tersebut.(PRESSTV/hsn)

Komentar