Kebakaran Hebat Landa Israel, Tim Damkar Palestina Bantu Padamkan Api

0
Kebaaran Hebat  di Israel
 (Foto Yonatan Sindel / Flash90)

Tel Aviv, 5NEWS.CO.ID, Kebakaran hebat melanda kawasan pendudukan Israel sejak Kamis (23/5/2019) lalu. Api berkobar hebat melahap hutan, taman dan pemukiman negara Yahudi itu.

Pihak berwenang memperingatkan masyarakat agar menjauh dari hutan dan taman di sekitar kawasan pemukiman. Otoritas setempat menyatakan kebakaran itu disebabkan oleh arus pendek yang memicu beberapa titik api.

Cuaca panas membuat api menjalar cepat dan menyebabkan kebakaran di seluruh kawasan serta memaksa penduduk keluar dari rumah mereka. Dinas Pemadam Kebakaran Israel menyebutkan, empat tim pemadam kebakaran Palestina bahkan membantu menjinakkan api.  

Seperti dikutip timesofisrael.com, Jumat (24/5/2019) kebakaran sempat melanda kawasan pemukiman di perbukitan Hebron hingga menyebabkan warga setempat mengungsi. Penghuni kawasan itu baru di izinkan kembali ke rumah setelah pemadam kebakaran berhasil menjinakkan api.

Petugas bekerja keras memadamkan api yang berkobar di sekitar kawasan Tepi Barat, Ashkelon dan  Lembah Yordan. Api bahkan sempat membakar kawasan pemukiman ilegal Yahudi di Tepi Barat, bernama Modi’in Illit.

Beberapa pihak mengungkapkan, kebakaran itu dipicu oleh api unggun yang dinyalakan warga Yahudi saat memperingati libur Lag B’Omer. Sebelumnya otoritas setempat telah memperingatkan bahayanya mengingat kondisi cuaca panas yang mencapai 48 derajat celcius di kawasan itu.

Namun demikian, rezim berkuasa di negara itu menuduh balon pembakar yang diduga berasal dari Gaza sebagai alternatif penyebab kobaran api.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengeluarkan maklumat darurat dan meminta bantuan internasional untuk mengatasi api yang berkobar hampir di seluruh wilayahnya.

Kantor berita setempat melaporkan, bantuan unit pemadam kebakaran Siprus dan Mesir telah tiba di Israel pada Jumat (24/5/2019) pagi, Netanyahu berterima kasih kepada Mesir yang telah mengirim dua helikopter untuk membantu memadamkan api. Netanyahu juga mengatakan Otoritas Palestina dan Rusia juga menawarkan bantuan.

Ratusan rumah penduduk dilaporkan ludes terbakar dan mengakibatkan 35.000 warga mengungsi. Selain itu, api juga menghanguskan sekitar 500 hektar hutan dan merubah pohon-pohon menjadi asap.(hsn)

Komentar